TANAHDATAR, INDONESIAPARLEMEN.COM-Hujan besar yang mengguyur Desa Mata Air, Kecamatan Betipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengakibatkan sebuah pohon tumbang dan menimpa sebuah rumah yang diketahui milik Anita Wirda, Rabu (30/12/2020).

Atas kejadian tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nagari Batutaba bersama warga sekitar dan tim pusdalop BPBD(badan penunggalangan bencana daerah) kabupaten Tanah Datar melakukan evakuasi pada pohon yang masih menimpa rumah warga. Dengan mempergunakan alat sinsau kemudian ditarik menggunakan sling oleh mobil operasional BPBD.

Evakuasi pembersihan material Pohon Tumbang ini di saksikan langsung oleh Camat Batipuh Selatan, Herru Rachman.
“Telah terjadi pohon tumbang di jalan raya Solok-Padang panjang sekitar jam 03:00 dini hari yang menimpa satu unit rumah. sekarang masih di laksanakan evakuasi oleh tim satgas penanggulangan bencana untuk membersihkan sisa pohon yang masih menimpa rumah, ” Terang Herru.

dilokasi pohon tumbang, hendra yang yang mewakili tim BPBD kabupaten Tanah Datar menyampaikan pada indonesiaparlemen.com tindakan rescue ini sebagai lanjutan dari adanya berita beredar dari grup Whatsapp. “kami dari BPBD kabupaten Tanah Datar langsung menuju lokasi, berhubung dengan adanya dua bencana alam yang terjadi di daerah kabupaten Tanah Datar maka tim untuk mengevakuasi dibagi menjadi dua bagian, ” Ujar Hendra.

Masih di tempat yang sama, Mahdi petugas PLN rayon Padang Panjang menyampaikan jika tidak ada pemadaman listrik di rayon Padang Panjang. “Dengan adanya pohon tumbang kami berserta tim
melakukan pemutusan arus listrik dari satu tiang yang berdampak pemadaman listrik 2 hingga 7 unit rumah, ” Pungkasnya.

Penulis  :  Nico  ||  Editor  : Noval Verdian