BATAM, INDONESIAPARLEMEN.COM – Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Pemuda Batak bersatu (PBB) memberikan bantuan berupa paket sembako kepada warga Kampung Bunguran, Pemda 2 (dua), Kelurahan Buliang, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, Minggu (3/1/21).

Sebagai Ormas yang memiliki Pedoman 4 pilar (Solidaritas, Toleransi, Rukun dan Gotong Royong), PBB merasa terpanggil untuk membantu warga yang menjadi korban banjir, bantuan diserahkan langsung di Posko Penanggulangan Bencana yang tidak jauh dari lokasi banjir.

Adapun bantuan yang diberikan kepada para korban bencana banjir tersebut berupa beras sebanyak 20 karung, 10 dus mie instan, 2 dus minyak goreng, 2 dus susu bendera dan 3 papan telur ayam.

Usai penyerahan bantuan, Ketua PBB Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Batam, Martua Susanto Manurung, S.Kom. mengatakan bahwa bantuan sembako tersebut sesungguhnya memang masih kurang untuk membantu warga yang terdampak banjir.

Namun, meski demikian, ia sangat bersyukur atas kesediaan para Pengurus dan anggota Pemuda Batak Bersatu yang ikut tergerak untuk membantu sesama yang sedang membutuhkan bantuan terutama saat personel PBB mengevakuasi harta benda para korban yang nyaris terendam banjir bahkan hingga memberikan bantuan berupa sembako.

“Saya merasa terharu akan kejadian yang menimpa korban banjir warga Kampung Bunguran Pemda 2. Rumah mereka terendam, walaupun sudah ada sebagian yang sempat bercampur dengan lumpur. Sehingga kami mencoba memberikan bantuan berupa sembako,” ucap Ketua PBB DPC Kota Batam yang akrab di sapa Ucok.

Ucok juga berharap agar kedepannya PBB selalu ikut andil dalam membantu warga yang terkena musibah bencana alam. Pihaknya akan mencoba merangkul pihak – pihak lain dalam meringankan beban warga apabila mengalami musibah, baik terhadap instansi maupun kepada perorangan.

“Kita berharap agar kiranya Pemerintah benar – benar memperhatikan pembangunan drainase yang ada di Kota Batam, karena sering kita lihat, setiap datang hujan pasti ada beberapa titik yang terkena banjir, kita berharap kepada Pemerintah agar sedikit lebih ketat lagi kepada pihak developer – developer yang ada, agar ketika mau membuat bangunan, harap yang namanya drainase itu diutamakan dulu baru melakukan pembangunan. Kita berharap Pemerintah memang benar – benar memperhatikan ini semua, karena sangat disayangkan akibat dari banjir ini masyarakat banyak mengalami kerugian secara finansial,” tutup Martua Susanto Manurung.

Pada kesempatan yang sama, Adolf Hutapea, S.T. selaku Sekretaris PBB DPC Kota Batam berharap Pemerintah Kota Batam dapat lebih tanggap lagi terhadap pembangunan drainase sehingga volume air ketika datang hujan lebat dapat tertampung dan tidak meluap ke darat.

“Seperti kita lihat, tadi malam bapak Walikota dan Wakil Walikota Batam sudah datang ke lokasi untuk melihat langsung kejadian, jadi kita berpikir kemungkinan Pemerintah akan membantu dan memperhatikan bagaimana selanjutnya untuk Kampung Bunguran ini,” ujar Adolf Hutapea.

Sementara itu, James Naibaho selaku Ketua RT.05/RW.26 Kampung Bunguran, Kelurahan Buliang, Kecamatan Batu Aji sangat berterima kasih kepada Ormas Pemuda Batak Bersatu yang telah memberikan bantuan berupa sembako.

“Sembako tersebut sangat dibutuhkan warga,” pungkasnya.

“Saya selaku Ketua RT, mengucapkan terima kasih kepada PBB DPC Kota Batam yang telah memberikan bantuan sembako. Semoga segala amal kebaikan para pengurus dan anggota PBB dibalas Tuhan Yang Maha Esa,” tutup James Naibaho. (Red/John)

Sumber : Ketua PBB DPC Kota Batam