Daerah

612 Penumpang Tiba di Terminal Kalideres Saat Puncak Arus Balik Nataru

JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM – Puncak arus balik liburan Natal dan Tahun baru  terjadi di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Senin (4/1/2021) tercatat 612 penumpang tiba dari berbagai provinsi.

Hal ini diutarakan oleh Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen. Pihaknya mencatat puncak arus balik mulai terlihat sejak Minggu (3/1/2021) dini hari.  “tertinggi 612 penumpang. Hari ini juga tampak hingga pukul 13.00 WIB, total 55 kendaraan yang mengangkut 538 penumpang turun ke terminal,” ujar Revi kepada Indonesiaparlemen.com, Senin (4/1/2021) diruang kerjanya.

Revi menyebutkan sebanyak 3.310 penumpang dan 1.886 armada bus turun di Terminal Kalideres terhitung sejak 18 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021. Sedangkan untuk keberangkatan angkutan Natal dan Tahun baru 2021 tercatat 4.913 penumpang dengan jumlah armada 1.605.

“Tahun ini terjadi penurunan yang signifikan untuk jumlah penumpang dibanding tahun sebelumnya. Mungkin karena pandemi dan juga karena ada syarat wajib menggunakan surat bebas Covid-19,” Terangnya.

Revi berujar jika ada peraturan yang mengharuskan supir dan penumpang melampirkan surat bebas Covid-19 sebelum melakukan perjalanan. Untuk itu terminal Kalideres menyediakan pos yang digunakan untum melakukan tes antibodi dan antigen.

“Kemenhub memfasilitasi untuk tes gratis untuk 500 penumpang. Kami juga bekerja sama dengan klinik untuk tes antigen berbayar dengan tarif Rp. 150 ribu, ” Terang Revi.

Lebih lanjut, Revi mengaku banyak calon penumpang pesawat yang memeriksakan dirinya di Posko Rapid Terminal Kalideres. “Mungkin karena harganya lebih murah dari bandara, disini juga gak antri,” Pungkasnya.

Kendati sudah melengkapi pesyaratan surat bebas Covid-19, penumpang tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan. Dan untuk bus hanya diperbolehkan mengangkut 70 persen penumpang saja dari kapasitas yang ada.

(Angie)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close