BATAM, INDONESIAPARLEMEN.COM – Anggota Rumah Sakit Bantuan (Rumkitban) TNI AD 01.08.03 Batam melakukan Rapid Test Covid – 19 terhadap 59 Personel orang yang terdiri dari Personel Komandan Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam dan Personel Detasemen Polisi Militer (Denpom) AD I/6 Batam di Makodim 0316/Batam, Kampung Seraya Atas, Kelurahan Seraya, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, Selasa (5/1/21).

Komandan Kodim (Dandim) 0316/Batam Letkol Kav. Sigit Dharma Wiryawan, S.H. menjelaskan bahwa pemeriksaan Rapid Test tersebut dilaksanakan sesuai surat Telegram dari Panglima Kodam I/Bukit Barisan yang memerintahkan agar melaksanakan Rapid Test kepada seluruh Prajurit Jajaran Kodam I/BB.

“Selain surat Telegram Pangdam I/BB kegiatan Rapid Test ini adalah yang kedua kalinya dilakukan oleh Kodim 0316/Batam, hal ini untuk memaksimalkan upaya pencegahan, penanggulangan dan pemutusan mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19),” jelas Dandim 0316/Batam.

Lebih lanjut Dandim 0316/Batam mengatakan bahwa pelaksanaan Rapid Test ini juga bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid – 19) di lingkungan Prajurit Kodim 0316/Batam dan keluarganya pasca libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, serta upaya pencegahan sekaligus mengecek anggota Kodim 0316/Batam agar terhindar dari penyebaran Covid-19,

“Paling tidak melalui Rapid Test ini dapat diketahui tingkat immunitas anggota saya, dan apabila Rapid Test ini selesai, maka akan dilanjutkan dengan Test Swab untuk memastikan anggota bebas dan tidak terpapar Covid-19,” pungkas Letkol Sigit.

Letkol Sigit juga menambahkan bahwa secara khusus kepada seluruh anggota untuk selalu memelihara kebugaran dan stamina, sehingga immunitas tubuh tetap terjaga bahkan meningkat diantaranya melalui olahraga rutin yang teratur, mengkonsumsi makanan bergizi dan kaya nutrisi, mengkonsumsi air dan istirahat yang cukup.

“Kepada seluruh anggota harap jaga kesehatan, jaga keluarga, tetap semangat dan selalu bersyukur… Ojo Loyoo,” tutup Dandim 0316/Batam dikutip dari liputantoday.com.

Sementara itu, Pasi Intel Kodim 0316/Batam Kapten Arh. Patar Purba menyebutkan kepada awak media bahwa dari 59 Personel yang menjalani rapid test terdapat 47 personel yang Non Reaktif dan 12 personel dengan hasil Reaktif.

“12 Personel yang dinyatakan Reaktif tersebut dilakukan pemeriksaan ulang (Antigen) di Rumkitban pada pukul 11.45 WIB hingga selesai dan memperoleh hasil Negatif ,” ujar Kapten Arh. P. Purba melalui pesan WhatsApp pribadinya. (Jonrius Sinurat)

Sumber : Pasi Intel Kodim 0316/Batam.