Foto: Dokumentasi

KABUPATENBEKASI,INDONESIAPARLEMEN.COM-Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai benih Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi akan melaksanakan program ‘Gebyar Penghijauan’ dengan menggandeng Pramuka Kecamatan Pabayuran, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Kepala UPTD Balai Benih Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Rohman Badruzaman,   menyambut baik kedatangan perwakilan dari Pramuka kecamatan Pabayuran, Satpol PP kecamatan Tambun Selatan, serta rekan wartawan yang tergabung di DPC AWPI kabupaten Bekasi dikantor UPTD Balai Benih Kabupaten Bekasi.

“Kami mengelola lahan balai benih ini se-kabupaten Bekasi ada delapan titik, Salah satunya ini. Untuk sentra tanaman buah-buahan,” ulas, Rohman Badruzaman kepada Indonesiaparlemen.com dikantornya, Jumat (08/01/2021).

Rohman berkata, kedepan akan dicoba program gebyar  penghijauan di mana program tersebut berkolaborasi dengan dunia pendidikan dan bermitra dengan sekolah-sekolah. Program tersebut bertujuan memberikan edukasi tentang pertanian.

“Kalau area lahan untuk ditanami kurang memadai kami mencoba memfasilitasi kedepan nya, bicara Pertanian itu luas. Ada perikanan, perkebunan, tapi dalam hal ini saya bicara spesifikasi nya mengenai korvik atau tanaman buah-buahan,”ujar Rohman.

Selanjutnya, ia menyatakan bahwa yang ada didalam UPTD balai benih tersebut merupakan bibit unggul. Meskipun demikian menurut Rohman agar dapat menghasilkan produk tanam yang bagus perlu ada perawatan atau pemeliharaan dengan cara  teknis yang benar.

Menurut Hasanudin selaku Ketua Ranting Pramuka kecamatan Pabayuran, kegiatan penghijauan tersebut merupakan Tahap awal  pengajuan benih sebanyak 200 bibit pohon buah-buahan dan 40 pupuk kandang  yang nanti dikontribusikan ke sekolah-sekolah di Pabayuran.

“Berharap tahap awal ini sangat  bermanfaat dan tentu sampai tahap berikutnya apalagi menyimak pernyataan  kepala UPTD Balai benih, kedepan akan ada gebyar penghijauan di Kabupaten Bekasi  khususnya di dunia pendidikan kami Insya Allah sebagai pelaksana,” Tutur Hasanudin.

Hal yang sama disampaikan oleh Petugas Sat Pol PP kecamatan Tambun Selatan, Darwito, bahwa Sat Pol PP mendapat arahan dari Camat Tambun Selatan untuk mengambil benih tanaman di UPTD Balai Benih Kabupaten Bekasi.

“Benih ini akan ditanamkan di beberapa titik di kecamatan dan akan dikontribusikan ke beberapa desa Tambun selatan yang masih mempunyai lahan,” Ucap Darwito.

(Dirham)