Foto: internet

PONTIANAK,INDONESIAPARLEMEN.COM-Berdasarkan laporan masyarakat dan Tim TRC BPBD, telah terjadi getaran tanah di Dusun Lintah Desa Keranji Mancal kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Sabtu (9/1/2021). Getaran tanah tersebut terjadi pukul 08.00 wib dan 13.40 wib. Dari data diketahui total getaran sebanyak 6 kali. Getaran tanah juga disertai dentuman di dalam tanah.

Hasil pemantauan Pusat Gempa BMKG berdasarkan data dari Stasiun SSKI (Singkawang), STKI (Sintang) dan Stasiun lain pada pukul 08.00 WIB dan pukul 13.40 WIB tidak terindikasi adanya kejadian gempabumi.

Berdasarkan data akumulasi curah hujan yang teramati pada GSMAP telah terjadi hujan intensitas lebat lebih dari 50mm/hari pada tanggal 7 dan 8 Januari 2021. Potensi hujan lebat di wilayah Kalimantan Barat diprakirakan masih akan berlangsung hingga tanggal 14 Januari 2021.

“Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh hujan yang disertai petir dan angin kencang seperti pohon tumbang, jalan licin dan sebagainya,” Ukar Nanang Buchori Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak, Dalam keterangan resminya (Sabtu 9/1/2021).

Nanang juga meminta warga mewaspadai potensi angin kencang terutama pada siang hingga sore hari di pesisir barat Kalimantan Barat. BMKG memprakirakan cukup panjangnya periode hujan lebat tersebut mengindikasikan adanya potensi terjadinya genangan, banjir dan tanah longsor khususnya pada wilayah yang sering terdampak bencana tersebut.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak  membuka layanan informasi cuaca 24 jam dapat menghubungi melalui :
•  call center 0561 – 721142
•  https://www.bmkg.go.id
•  follow Fanspage Facebook dan  Instagram :  @infoBMKGKalbar
•  atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG
terdekat.

(CC)