Mahasiswi USU Ciptakan Metode Brain Storming Untuk Siswa Selama PJJ

  • Bagikan
Dok/Pri

SERDANGBEDAGAI,INDONESIA PARLEMEN.COM-Apriliana, Praktikan dari program studi Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU) dengan Supervisor Sekolah Mia Aulina Lubis, melakukan pendampingan belajar terhadap siswa di Dusun V Desa Dolok Merawan, Kecamatan Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai ( Sergai), Sumatera Utara.

Rangkaian Kegiatan ini  didasari oleh pandemi Covid-19 yang telah mengubah banyak aspek kehidupan. Salah satunya adalah pada bidang pendidikan, saat pandemi.

Semua orang diharuskan untuk berjarak, sehingga kegiatan belajar mengajar tidak dilakukan secara tatap muka, maka Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dinilai sebagai kebijakan yang tepat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) agar para siswa dapat tetap belajar di tengah situasi Pandemi,” kata Apriliana, kepada Indonesiaparlemen.comi melalui Whatsapp, Rabu ( 13/01/2020).

Baca Juga :  Tok! DPRD Kota Depok Setujui Perubahan APBD 2021

Ia menjelaskan,  Berdasarkan observasi dan assessment yang dilakukan oleh praktikan selama dua minggu sejak awal Oktober 2020, siswa memiliki beberapa kendala saat melakukan PJJ. Diantaranya yaitu tidak semua siswa memiliki gawai untuk menunjang pembelajaran yang dilakukan dari rumah. Atau bahkan tidak paham dengan materi yang disampaikan secara daring oleh gurunya, dan kesulitan orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar mengajar selama PJJ.

Menurutnya dengan metode brain storming siswa akan mampu berpikir secara cepat dan mampu menyampaikan gagasan secara langsung. “sehingga diharapkan tidak ada lagi siswa yang belum paham dengan materi pelajaran selama belajar dari rumah,” ujar  Mahasiswi Semester tujuh ini.

Baca Juga :  Warga Tanjung Gundap Terlihat Antusias Mengikuti Program Non Fisik TMMD Kodim 0316/Batam

Armalia siswa V Sekolah Dasar mengatakan saya sangat merasakan mamfaat dari pendampingan praktikan. “Sebelumnnya saya rangking  10 dan setelah belajar dengan Mbak Apriliana saya mendapat ranking 4 serta saya sekarang lebih percaya diri ketika menyampaikan pendapat  di depan teman teman, ” Ucap Armalia.

Dengan adanya metode ini, seluruh orang tua siswa mengucapkan terimakasih kepada praktikan karena telah memberikan mamfaat dan dampak positif kepada anak anak selama diberlakukannya PJJ.

(Surya Damanik)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *