Foto: internet

JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM-PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), berencana mengembangkan jaringan 5G di Indonesia tahun ini. Hal ini diungkapkan Ririek Adriansyah selaku Direktur Utama PT Telkom.

“Insya Allah tahun ini masuk ke 5G,” ucap Ririek pada sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Ia menambahkan, Covid-19 telah mendorong semua pihak bertransformasi ke digital. Bahkan dalam laporan McKinsey mengungkapkan Covid-19 telah membantu mempercepat transformasi digital 7 tahun.”Kalau lebih luas lagi banyak kebiasaan selama Covid-19 akan tetap dilakukan, yang pang terasa video conference akan mengurangi pertemuan fisik tetapi dengan video conference terutama di Jakarta kita akan saving (menanbung),” jelasnya.

Agar tetap bertahan ke depannya,Ririek mengatakan semua sektor harus mengarah ke digital. Telkom sudah dan sedang membangun platform. Dimulai dari konektivitas dengan masuk ke 5G tahun ini kemudian berbagai platform digital dari big data, internet of things (iOT) dan lain sebagainya.

“Kami tentu tidak bisa bekerja sendirian dan sangat terbuka bekerja sama dengan berbagai pihak di BUMN lain dan sektor swasta bersama mewujudkan digitalisasi Indonesia,” terangnya.

Lebih lanjut, ia berujar dengan adanya digitalisasi negara bukan hanya karena Covid-19 tetapi agar Indonesia mampu mendekati negara yang lebih maju, harus segera dilakukan pembaruan ini.

(Red)