SIMALUNGUN, INDONESIA PARLEMEN.COM-
Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematang Siantar melaksanakan Donor Darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia ( PMI), Pematangsiantar, Kamis (21/01/2021). Acara tersebut digelar di Kantor Imigrasi Pematang siantar Jalan Medan – Siantar, Nagori Purba Sari, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Kegiatan donor darah sebagai wujud kepedulian sosial Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematangsiantar, dan bukan hanya semata-mata untuk secara sukarela membantu PMI guna memenuhi kebutuhan tersedianya kebutuhan darah bagi masyarakat penerima donor, akan tetapi karena sebagai pendonor. Ditujukan agar mereka dapat juga merasakan manfaat-manfaat yang nyata yang mungkin selama ini belum disadari.

Rangkaian kegiatan donor darah ini dilaksanakan oleh panitia diantarannya penanggung jawab Kepala Imigrasi Pematangsiantar Victor Manurung, Ketua Panitia Irwan Saud (Kasi Inteldak), Sekretaris Mariana Purba (Kasubag TU), Bendahara Indolas Refelesia (Kasi Dokintal).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematangsiantar Victor Manurung didampingi Ketua Panitia Irwan Saud, Kasubsi Infokim M.Hidayat Tanjung, menyampaikan ajang kegiatan donor darah dalam rangka memperingati hari Bakti Imigrasi atau ulang tahun Imigrasi ke -71, setiap tahun diperingati pada tanggal 26 Januari.

Ia menjelaskan dengan adannya hari Bakti bakti mulai dari pucuk pimpinan tertinggi sampai Direktorat Jenderal di intruksikan oleh panitia Direktorat kerjasama Luar Negeri supaya seluruh KUPT, Kepala Devisi melaksanakan bakti sosial.

Dok/Red

“Kita sudah melaksanakan bakti sosial pembagian masker gratis,hari ini pegawai Imigrasi yang berjumlah 15 orang ditambah keluarga pegawai ikut mendonorkan darah, kita melaksanakan donor darah karna selama ini Indonesia masih kekurangan darah karena adannya Pandemi Covid -19,” ucap Viktor.

Ia menambahkan kegiatan ini juga akan dilanjutkan dengan melaksanakan bakti sosial ke panti asuhan Budi Luhur, dan puncaknya pada 26 Januari upacara melalui daring.

Sebelumnnya Kepala Kantor PMI Pematangsiantar, Irwansyah Damanik, menyampaikan stok darah di Siantar – Simalungun sangat minim sekali kalau ada yang membutuhkan darah. Kalau kekurangan darah, sering mereka meminta keluarga keadaannya sehat untuk bergotong royong agar keluargannya mendonorkan darahnya.

“Untuk saat ini stok darah kosong, donor darah hari ini kita sangat terbantu 50%, karna kita membutuhkan setiap harinnya 20 – 30 katong darah,” kata Irwansyah.

(Surya Damanik)