TANGERANG SELATAN, INDONESIAPARLEMEN.COM – Kampung Tangguh Jaya yang berada diwilayah hukum Polsek Ciputat Timur Polres Tangerang Selatan terbukti mampu menekan penyebaran Covid-19, di Kampung Tangguh Jaya Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur.

Dari pantauan media Indonesiaparlemen.com, nampak petugas melaksanakan kunjungan dan pengecekan keluar masuk para pedagang di Kampung Tangguh Jaya agar mencuci tangan dan sekaligus menyampaikan tentang Protokol Kesehatan (Prokes) 4M sesuai anjuran Pemerintah, antaranya Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menjahui Kerumunan, Selasa (26/01/21).

Kapolsek Ciputat Timur Kompol Endy Mahandika dalam keteranganya, mengatakan adanya Posko Kampung Tangguh, untuk menciptakan ketahanan pangan tanaman hidroponik, kolam ikan dan rumah isolasi bagi warga yang terpapar Covid-19 serta dapat menekan penyebaran virus Covid-19 diwilayah,”tegasnya.

Kapolsek juga menegaskan, ada beberapa warga yang berada di Kampung Tangguh Jaya ini yang positif dan telah menjalani isolasi mandiri. Kini sudah membaik dan angkanya draktis menurun pesat, jadi memang terbukti dengan adanya Kampung Tangguh Jaya ini bisa menekan penyebaran Corona Virus, ungkapnya kepada Indonesiaparlemen.com.

Diketahui, Kampung Tangguh Jaya yang berada di kecamatan Ciputat dan Ciputat Timur berdiri Posko Kampung Tangguh, ketahanan pangan tanaman hidroponik, kolam ikan demi menunjang ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Yang uniknya lagi dikampung tangguh ini mempunyai program, tangguh keamanan, tangguh ketahanan pangan, tangguh demokrasi, tangguh edukasi, tangguh jasmani dan rohani.

Makna dari Tangguh keamanan adalah tangguh dalam membangun kamtibmas dari warga sekitar. Tangguh ketahanan pangan yang berarti tangguh menjaga stabilitas ekonomi warga dimana adanya pengembangan usaha mandiri yang dikembangkan masyarakat dari hasil usaha yang bisa dinikmati bersama.

Selanjutnya, tangguh demokrasi yang berarti tangguh menghadapi pilkada serentak tahun lalu, melaksanakan cooling system bertujuan untuk mensosialisasikan pilkada yang aman, damai dan sehat. Sedangkan tangguh edukasi yang berarti kegiatan yang menjadi perhatian khusus dalam membantu program pendidikan masyarakat dimasa pandemi.

Untuk tanggung jasmani dan rohani merupakan kegiatan dengan didirikannya posyandu kesehatan dasar untuk masyarakat dan bekerjasama dengan petugas kesehatan dan didukung oleh Polri dan tenaga kesehatan. Dan juga adanya program tangguh kreatif dimana ada beberapa warga yang bisa mengembangkan usaha mandirinya dengan kreatifitas yang dikuasainya.

Disisi berbeda, Maimunah selaku Ketua Rw 02, Kelurahan Pisangan, menuturkan, Rw 02 terdiri dari delapan RT dengan luas 6 Hektar, dengan 900 jiwa yang ada diwilayah tersebut. “dimana ada 20 orang yang terpapar positif Covid-19, dengan terbentuknya kampung tangguh ini kini menurut menjadi 7 orang yang terpapar”, tandasnya.

Widya salah satu warga survivor Covid-19 mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran Covid-19. “Agar jangan ada lagi yang tertular,” Pungkasnya.

( Glen )