JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM – Untuk meminimalisir genangan air di Jalan Komplek PT Komatsu Indonesia RW 03 Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing dilakukan pembangunan kolam retensi yang berfungsi sebagai tempat penampungan air sementara.

Lurah Sukapura, Abdul Rahman Hakim menjelaskan, Jalan Komplek PT Komatsu Indonesia sebagai akses utama menuju pergudangan yang tergolong rawan terjadinya genangan air saat musim penghujan. Oleh karena itulah, keberadaan kolam retensi sangat dibutuhkan.

Dok/Hum

“Kolam retensi yang sedang dibangun oleh Sudin Sumber Daya Air Jakarta Utara memiliki luas 30 meter × 13 meter dengan kedalaman mencapai 5 meter. Direncanakan, proses pembangunan kolam retensi akan rampung dalam waktu 45 hari,” ungkapnya saat melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan kolam retensi di Jalan Komplek PT Komatsu Indonesia, Kamis (28/1/2021).

Ia berharap dengan adanya kolam retensi di wilayah tersebut menjadi salah satu solusi untuk mengantisipasi genangan air saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi. “Apalagi saat ini cuaca sedang tidak menentu dikhawatirkan akan terjadi hujan deras yang mengakibatkan genangan air di sejumlah lokasi. Semoga pembangunannya lancar dan bisa rampung sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” ujar Abdul Rahman.

(Bintarsih)