Megapolitan

Siaga Bencana, Anggota FKDM Koja Pantau Ketinggian Air

Dok/Hum

JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM – Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan Koja berperan dalam kesiapsiagaan bencana di Ibukota. Sesuai dengan fungsi organisasi ini, setiap anggota diminta untuk melaporkan hasil pemantauan lapangan dan menyampaikannya kepada masyarakat.

Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan Koja Iwan Setiawan menerangkan, berbagai hal dapat dilakukan setiap anggota FKDM baik di tingkat kelurahan maupun kecamatan dalam kesiapsiagaan bencana. Utamanya pada potensi bencana banjir Ibukota di musim penghujan.

“Setiap anggota kami instruksikan turun ke lapangan. Memantau langsung kondisi wilayah saat hujan baik siang maupun malam hari. Ini semua demi kepentingan masyarakat,” kata Iwan saat dikonfirmasi, Kamis (28/1/2021).

Selain memantau curah hujan, dijelaskannya setiap anggota FKDM diminta untuk mengecek ketinggian muka air pada pos pompa stasioner yang berada di wilayah tugasnya saat turun hujan. Begitu pun mengukur ketinggian air menggunakan alat ukur penggaris atau meter ukur apabila nampak genangan di wilayah.

“Pengukuran ini agar ketinggian air genangan terukur dengan pasti. Bukan perkiraan atau ketinggian ukuran anggota tubuh,” tegasnya.

Lantas Iwan pun meminta laporan yang didapati setiap anggota di lapangan dikoordinasikan kepada organisasi. Jika berpotensi terjadi bencana, anggota dengan sigap menyampaikannya kepada masyarakat secara langsung menggunakan toa ataupun melalui media komunikasi elektronik.

“Ini yang juga tak kalah penting. Hasil pemantauan ini harus segera dilaporkan dan apabila berpotensi bencana maka segera disampaikan kepada masyarakat sehingga dapat meminimalisir korban saat bencana,” tutupnya.

(Bintarsih)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button