Foto: internet

JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM-Dalam sebuah forum virtual launching buku Potret Jakarta 2020 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengutarakan gurauannya. Ia mengatakan jika tak mau terjebak macet di Jakarta sebaiknya warga melakukan perjalanan pukul 02.00 dini hari.

“Jakarta jam 2 pagi itu sepi, kalau mau bebas macet jalan lah jam 2 pagi, enggak ada kendaraan di situ,” ucap Anies dengan nada bergurau, Sabtu (30/1/2021).

Anies menambahkan kalau Jakarta seringkali disebut sebagai kota termacet.

Tapi kondisi tersebut mengalami perbaikan ketika Jakarta menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) guna memutus rantai penularan Covid-19 pada April dan Mei 2020.

Dalam forum tersebut Anies mengomentari foto karya Susi Meiti yang memperlihatkan arus lalu lintas hening di Jalan Sudirman-Thamrin pada saat PSBB beberapa bulan lalu.

“Susi Meiti menunjukan downtown Jakarta Jalan Sudirman yang senyap,” ujar Anies.

Dia mengatakan apa yang ditangkap Susi pada karya fotografinya mungkin tidak akan terulang lagi sekarang ini. Karena kini pemerintah memperbolehkan kegiatan diluar rumah dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Tapi dulu ketika bulan April-Mei sunyi betul. Ketika kita mengatakan harus ke rumah, semua betul-betul di rumah. Ini beautyfull gambaran indah, bukan indah semata-mata fotonya, ini menceritakan sunyinya Jakarta,” pungkasnya.

(Red)