Dok/Hum

BEKASI, INDONESIAPARLEMEN.COM– Anggota Komisi VIII DPR RI melakukan kunjungan kerja Spesifik ke Pemerintah Kota Bekasi dalam rangka Efektivitas Penanganan Bencana di Gate 19 Stadion Patriot Chandrabaga, Rabu (3/2/2021).

Pada kesempatan ini, DPR RI juga memberikan dukungan kepada Pemerintah  Kota Bekasi berupa alat Rapid Test Antigen SD Biosensor sebanyak 5.000 tes, Desinfektan Sprayer 10 Unit, Desinfektan 25 derijen,  Suplemen Herbal 80 Paket, Masker INA united 10.100 Pcs dan Masker Kain 20.000 Pcs.

Juga penyerahan bantuan dana siap pakai untuk siaga darurat bencana banjir dan lainnya untuk wilayah Bekasi Tahun 2021 sebesar Rp. 500.000.000 ( Lima Ratus Juta Rupiah) dan diterima langsung oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

Pada kesempatan itu Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi dalam sambutannya mengatakan bahwa penanganan Efektivitas Bencana di Kota Bekasi harus diselesaikan secara urutan mulai dari hulu ke hilir.

“Banjir yang ada di beberapa titik di Kota Bekasi memiliki kendala terutama aliran sungai dan tata ruang sehingga dibutuhkan kerjasama antar daerah yang baik dalam menciptakan mitigasi bencana,” Ujarnya.

Menurut Wali Kota Bekasi, sebelumnya Kementerian PUPR telah membuat 3 tahap perbaikan Aliran sungai dengan nilai APBD mencapai Rp 4.3 triliyun dengan kurun waktu 3 tahun. Meskipun begitu, masih banyak masyarakat yang menggunakan daerah sekitar bantaran sungai untuk dijadikan tempat tinggal.

Dan untuk saat ini kami ( Pemerintah) berfokus kepada pembangunan Embung Kolam,Tandon, maupun Folder untuk menahan air karena dilansir di BMKG cuaca Ekstrim akan memuncak di bulan Februari.

Berkaitan dengan pandemi covid-19 yang melanda Kota Bekasi, Pemerintah Kota Bekasi sudah menghabiskan 160.000 pcr dan terkonfirmasi hampir 20.000 dengan rasio jauh lebih rendah dari yang telah ditetapkan WHO.

“Alhamdulillah bantuan dari BNPB dan DPR RI sangat membantu Pemerintah dan akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dan juga kita sebagai pemerintah harus terus menggalakan 4 M demi kesehatan masyarakat,” Terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, pemimpin rombongan sekaligus Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Dr. H. TB Ace Hasan Shadzily menjelaskan maksud dan tujuannya datang

“Salah satu ranah kami di Komisi VIII untuk menanggulangi bencana, sebelumnya telah dijelaskan oleh Wali Kota Bekasi bahwa Kota Bekasi sering dilanda bencana baik itu banjir maupun virus covid-19,” Kata Ace.

Ace menjelaskan ingin mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan pemerintah Kota Bekasi dengan pemerintah pusat dalam memotivasi penanggulangan bencana.

“Terus terang banyaknya rencananya penanggulangan bencana masih berbentuk reaktif, yakni bencana terjadi baru kita tanggulangi belum untuk mempreventif bencana tersebut, ” Imbuh Ace.

Ace sangat mengapresiasi langkah- langkah Pemerintah Kota dalam penanganan covid-19. Karena kuncinya adalah penegakan disiplin 4M di masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif, foto bersama dan penyerahan cinderamata dari Pemerintah Kota Bekasi kepada Komisi VIII DPR RI.

(Dirham)