Dok/Red

SANGGAU, INDONESIA PARLEMEN –Enam bangunan rumah toko, di Entikong, Sanggau, Kabupaten Kalimatan Barat di landa Bencana longsor, Rabu (3/2/2021) sore sekira pukul 16.00 WIB. Entikong merupakan wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

Kepala Seksi (Kasi) Kesra Kantor Camat Entikong, Kristian Yosep saat di konfirmasi membenarkan adanya enam bangunan rumah toko (Ruko) ambruk akibat tanah di tepian jalan raya Entikong longsor.

“Iya benar longsor. Lokasi kejadiannya di depan pasar baru Entikong, Sekira jam empat sore,” ungkapnya.

Dok/Red

Menurutnya, sejauh ini belum ada  korban jiwa akibat bencana longsor tersebut.
“Kondisi rumah yang terdampak rusak cukup parah, namun belum ada korban jiwa,” tegasnya.

Warga yang rumahnya terdampak belum dapat memastikan dan mentafsirkan jumlah kerugian material.

Kasi Pencegahan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau, Kristian Hendro menuturkan jika bencana longsor yang terjadi diduga disebabkan labilnya kondisi tanah di lokasi kejadian. Ditambah dengan kondisi hujan yang masih terus turun dengan intensitas tinggi.

Dikatakannya, sejauh ini masih diupayakan evakuasi dari petugas sambil mencermati kondisi kelabilan tanah karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan dan akan berdampak bahaya.

Pihak BPBD Sanggau juga membenarkan kejadian tersebut. Anggota BPBD juga telah diterjunkan ke lokasi kejadian bencana.

“Iya benar. Informasi yang kami terima ada enam ruko yang ambruk, tapi nanti kita kroscek lagi. Tim sudah berangkat ke sana,” katanya.

(Cc)