Banjir merendam pemukiman warga di Indramayu

INDRAMAYU, INDONESIAPARLEMEN.COM-Curah hujan yang tinggi membuat beberapa sungai di Indramayu meluap. Banjir merendam Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Ketinggian air bervariasi ada yang sampai mencapai 2 meter lebih.

Diungkapkan Kepala Basarnas Bandung Deden Ridwansah mengatakan pihaknya masih mengevakuasi sejumlah korban banjir di Desa Karang Tumaritis, kecamatan Haurgeulis.

“Sudah lebih dari 300 warga dievakuasi oleh tim SAR Gabungan dan dibawa ke kantor Kecamatan Haurgeulis. Selanjutnya didata dan perawatan lebih lanjut,” kata Deden dalam keterangan dilansir detikcom, Senin (8/2/2021).

Deden juga mengatakan banjir disebabkan jebolnya tanggul sungai Cipunagara. Deden mengaku saat ini pihaknya masih mendata jumlah pengungsi yang terdampak banjir.

“Kondisi terkini di lokasi masih hujan dengan intensitas ringan dan TMA (tinggi mula air) bervariasi antara 10 sentimeter hingga 250 sentimeter,” Ujar Deden.

Deden menyebutkan pihaknya dibantu BPBD Indramayu, Satpolair Polres Indramayu, PMI Indramayu dan Tagana untuk mengevakuasi korban. Sarana pendukung evakuasi, seperti perahu karet dan lainnya telah diterjunkan.

Selain evakuasi di Kecamatan Haurgeulis, tim SAR gabungan juga mengevakuasi puluhan korban banjir di Kecamatan Terisi, Indramayu. “Pagi tadi tim telah mengevakuasi warga terdampak banjir 40 Jiwa di Kecamatan Terisi,” Pungkas Deden.

(Ilyas)