DaerahNasional

Kemensos Dukung Karang Taruna Berdayakan Masyarakat Lewat Wisata Alam

 

Karang Taruna Kabupaten Purwakarta

JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM –  Kementerian Sosial mendukung pilar-pilar sosial untuk aktif dalam upaya pemberdaayaan masyarakat. Salah satunya dilakukan oleh Karang Taruna di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

“Terkait pembangunan dari pemerintah daerah, saya kira sudah baik tinggal ditingkatkan lagi ke depannya,” ujar Kamal, selaku Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Purwakarta saat meninjau lokasi wisata alam di Kampung Madang, Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Jumat  (5/2/2021).

Karang Taruna, kata Kamal, Kabupaten Purwakarta memiliki tagline, ‘bakti raga Taruna Istimewa’ dengan salah satu kegiatannya terkait pemberdayaan yang melibatkan masyarakat disesuikan dengan karakter dan potensi wilayahnya.

“Tentu saja, upaya pemberdayaan oleh Karang Taruna disesuaikan dengan karakter  dan potensi wilayah. Salah satunya terkait wisata alam yang cukup menjanjikan, ” tandas Kamal.

Baca Juga :  DPW Bakomubin Sumut Bagikan Paket Sembako Kepada Bilal Mayit di Serdang Bedagai

M Arifin, penasehat Karang Taruna Desa Kartamanah menilai bahwa usaha wisata sudah dirasakan manfaat oleh masyarakat serta dapat meningkatkan harkat dan martabat dari sisi sosial yang aspek lainnya.

“Dari sisi wisata, pada hari ini sudah mulai dirasakan oleh masyarakat usaha wisata alam bisa meningkatkan harkat dan martabat tidak hanya dari sisi ekonomi tapi sisi sosial lainnya,” ujar Arifin, yang juga sebagai pengelola usaha wisata alam di Kampung Madang.

Di tempat yang sama,  Asep Vickor, Ketua Majelis Pertimbangan Karang Tarauna (MPKT) Purwakarta menyatakan harapan masyarakat  terhadap Karang Taruna begitu besar terutama terkait pengelolaan wisata alam.

Baca Juga :  Atasi Banjir, Camat Tambun Selatan Rencanakan Pembebasan Lahan Untuk Resapan Air

“Harapan masyarakat  begitu besar terhadap Karang Taruna dinilai wajar, sebab selama ini telah menunjukkan kerja nyata dan Karang Taruna sendiri tumbuh dari anak-anak muda di lingkungan RT dan RW setempat,“ tandas Ketua Karang Taruna Purwakarta periode 2015-2015 dan 2015-2020  itu.

Periode sebelumnya, kata Asep, Karang Taruna telah aktif dalam kegiatan bakti sosial, mencegah peredaran narkoba, kampanye menunda pernikahan usia remaja, bulan bakti Karang Taruna dan lain sebagainya.

“Juga, telah dicanangkan pengelolaan tempat wisata alam yang menjadi salah satu potensi usaha yang bisa dikelola  dengan baik oleh Karang Taruna, sehingga tahun ini bisa menjadi realiasi dari pencanangan tersebut,” pungkas Asep.

(Elly/Hum)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button