Daerah

Tokoh Masyarakat Nilai Bagan Sinembah Layak Jadi Daerah Otonom Baru

Bagan Sinembah/internet

ROKAN HILIR, INDONESIAPARLEMEN.COM – Menjadi Daerah Otonom Baru (DOB) merupakan salah satu pilihan sejumlah tokoh masyarakat di Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Selain akses yang cukup jauh ke Ibukota, Kabupaten Rokan Hilir saat ini telah mandiri dalam pembangunan menjadi salah satu alasan.

Salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Bagan Sinembah, Nurdin MT yang bergelar Encik Wira Siak saat ditemui, Kamis (11/02/2021), mengatakan bahwa Kecamatan Bagan Sinembah layak menjadi DOB mengingat beberapa faktor pendukung.

Salah satunya tempat yang strategis dari beberapa kecamatan pendukung seperti Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Balai Jaya dan bahkan Kecamatan Simpang Kanan serta Tanjung Medan.

Nurdin MT, Tokoh Masyarakat Rokan Hilir

“Ya selain akses ke Ibukota Bagansiapiapi dari beberapa kecamatan cukup jauh, sehingga segala urusan administrasi, menjadi terhambat. Bila perlu Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) juga bisa bergabung,” Ujarnya.

Baca Juga :  Peduli Sesama, Kantor Imigrasi Siantar Adakan Donor Darah

Menurutnya, jika jalur darat diperbaiki, tentunya sangat mudah dalam membawa hasil nelayan ke wilayah Bagan Batu yang memiliki ekonomi bagus dibanding kecamatan lainnya.

Nurdin memaparkan, Kecamatan Pasir Limau Kapas sampai saat ini akses jalur darat cukup memprihatinkan. Sehingga menurutnya, apabila Bagan Sinembah menjadi Daerah Otonomi Baru, anggaran untuk pembangunan menjadi lebih sedikit dianggarkan karena jalur yang perlu dilalui hanya wilayah Kecamatan Bagan Sinembah Raya.

Dia juga menambahkan, DOB tidak mesti hanya Kabupaten, namun opsi lainnya yakni Kotamadya bisa diperhitungkan sehingga apabila kecamatan lainnya kurang mendukung, kecamatan yang ada sudah cukup syarat menjadi Daerah Otonomi Baru.

Baca Juga :  Ormas Laskar Tangsel, Aksi People Power Hanya Akan Memecah Persatuan dan Kesatuan Bangsa

“Ini misalnya Kecamatan Palika enggan bergabung, cukup 5 atau paling sedikit 4 kecamatan sudah bisa menjadi DOB, yakni Kotamadya. Tentunya Bagan Batu menjadi pusat pemerintahan karena letaknya yang cukup strategis berada di Jalan Lintas Riau-Sumut,” pungkasnya.

Seperti diketahui, keinginan sejumlah masyarakat agar Kecamatan Bagan Sinembah menjadi Daerah Otonomi Baru khususnya Kotamadya sudah pernah digaungkan dan dibentuk kepanitiaannya beberapa tahun lalu.

Namun hingga kini belum ada titik terang apakah pemerintah Kabupaten Rokan Hilir beserta DPRD menyetujui atau tidak atas usulan DOB pada tahun itu.

(iloeng/John)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button