Ruangan yang diduga berada didalam Lapas Lhauksumawe/net

ACEH, INDONESIAPARLEMEN – Sebuah video diduga ruang tahanan mewah beresar di media sosial. Banyak yang menduga video itu adalah situasi sebuah kamar di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Lhokseumawe, Aceh. Dalam video yang beredar, ruang tahanan tersebut memiliki fasilitas lengkap. Seperti televisi LCD, dispenser, kipas angin dan rice cooker.

Menanggapi hal ini Kalapas Kelas II A Lhokseumawe, Nawawi, membantah adanya kamar mewah di dalam lapas.

“Menyangkut dengan kamar, artinya ada sesuatu fasilitas yang memang melebihi barang-barang yang lain.” Ucapnya dilansir dari Kompas TV.

Dalam video itu memperlihatkan kkndisi ruangan yang dilengkapi dengan fasilitas layaknya sebuah hotel. Nawawi mengatakan, dispenser ia perbolehkan untuk tahanan yang sedang sakit.

“Tapi mungkin kadang-kadang susah kita kontrol saya akui,” Akunya.

Kalapas Kelas IIA Lhokseumawe itu berujar, video viral tersebut diduga direkam pada 2018 atau 2019 lalu. Dugaan tersebut muncul karena sejak tahun 2020, kamar tersebut sudah kosong dan tidak ada yang menghuni.

“Namun saya tegaskan, sejak 2020 hingga sekarang, kamar itu kosong. Tak ada penghuni di sana,” kata Nawawi dalam konferensi pers, Senin (22/2/2021).

Dia mengatakan jika kamar yang ada di video tersebut adalah ruangan bimbingan kerja.

(Red)