Serba - Serbi

Seniman Hingga Politisi Ikuti Perayaan Hari Musik Nasional Secara Virtual

warga Indonesia di seluruh dunia yang tergabung dalam komunitas World Vaccine Update

JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Berawal dari sebuah obrolan informal untuk sekedar berbagi informasi, warga Indonesia di seluruh dunia yang tergabung dalam komunitas World Vaccine Update, kali ini, selain berdiskusi mengenai vaksin, juga merayakan Hari Musik Nasional.

Acara yang diselenggarakan secara daring ini dihadiri oleh Fadjroel Rachman, juru bicara Presiden Joko Widodo, Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Desra Percaya, Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok Djauhari Oratmangun, Duta Besar RI untuk Kuba Nana Yuliana, dan Konsul Jenderal RI di New York, Amerika Serikat Arifi Saiman.

Musisi yang hadir antara lain Addie MS, Vina Panduwinata, Claudia Emmanuela Santoso (The Voice of Germany 2019), Donny Hardono (Konser 7 Ruang), Edo Kondologit, Erens F. Mangalo, Harry Sabar, Omen Norman Sentani (OM PSP), Dharma Oratmangun, Steve & Coconut Treez,  Stave Tuwaidan, Gatut Suryo (ASKOMIK), dan James F. Sundah selaku penyelenggara acara.

Baca Juga :  Sertijab Dir Lantas Polda Kepri Dipimpin Langsung Oleh Kapolda Kepri

Dahlan Iskan ysng turut hadir menjelaskan musik sangat berperan untuk menjaga kesehatannya pada usianya saat ini. Dahlan, yang pernah menjalani operasi kanker hati di Tianjin, Tiongkok, membagi pengalamannya saat menghadapi operasi besar dengan bantuan musik.

“Begitu masuk ruang operasi, saya tidak ingat apa-apa lagi. Saya diberi headset, dan yang terdengar adalah lagu rock yang paling top pada saat itu di seluruh RRT,” ujarnya bersemangat.

Yang berbeda pada diskusi kali ini adalah penjelasan dari Dharma Oratmangun yang selaim berbagi cerita seputar Covid-19, juga melalui koleksi pribadinya, menjelaskan sejarah dilahirkannya Hari Musik Nasional.

“Pencanangan Hari Musik Nasional dilaksanakan di Istana Negara pada 9 Maret 2003 oleh Ibu Megawati Soekarnoputri,” kenangnya.

Dharma juga menjelaskan bahwa ia bukan hanya memperjuangkan Hari Musik Nasional ini bukan sekedar upacaranya. Musik, jelas berperan dalam membentuk karakter bangsa,” jelas Dharma.

Sementara Carmanita, cucu sekaligus ahli waris Ibu Soed, juga turut menjelaskan sejarah ditulisnya lagu Tanah Airku, yang diiringi oleh permainan saksofon Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Desra Percaya.

Baca Juga :  Meski Dapat WTP, Kapolri Siap Tindaklanjuti Rekomendasi BPK

Lagu ini, memang terasa arti khusus bagi sebagian peserta yang memang tinggal di luar negeri dan berharap bisa pulang kampung

“Lagu ini adalah ungkapan
kegelisahan dan kerinduan akan tanah air, dan diciptakan pada saat Mbah (Ibu Soed-red) Sedang berada di New York untuk memimpin delegasi Indonesia di World Fair,” cerita Carmanita yang juga terkenal sebagai desainer batik kondang ini.

Tidak ketinggalan Rhoma Irama, yang hadir melalui tayangan video, menyampaikan salam pada seluruh peserta. “Semoga sehat selalu,” ujarnya seraya melambaikan tangan.

Adapun acara World Vaccine Update (Bahasa Indonesia) diselenggarakan setiap Senin, Pk. 22:00 WIB, dan terbuka bagi siapa saja. Zoom ID: 814-5632-6831 / password: vaksin. Rekaman episode sebelumnya dapat dilihat di: https://bit.ly/36ram56.

Penulis: Elly
Editor: Angie

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button