Puan Maharani, Jokowi dan Megawati saat menghadiri Rakernas PDIP

JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Bursa calon Ketua Umum PDI Perjuangan setelah Megawati Soekarnoputri ramai dibahas. Mulai dari trah Soekarno atau diartikan anak-anak kandung dari Megawati hingga di luar trah Soekarno ramai dibahas.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie mengelompokan, terdapat dua kategori dalam persaingan Ketua Umum PDI Perjuangan yaitu Soekarno ideologis dan Soekarno biologis (trah Soekarno).

Jerry melihat, sosok yang bisa dikategorikan Soekarno ideologis di internal PDI Perjuangan terdapat nama Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristyanto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“(Tapi) bisa saja nama seperti Cahyo Kumolo maupun Hasto serta Ahmad Basarah yang menjadi pentolan di luar trah Sokarno diperhitungkan,” kata Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (20/3/2021).

Jerry menambahkan, ada posisi Pramono Anung yang juga tokoh lama yang bisa diperhitungkan.

Dari sisi trah Soekarno biologis, menurut Jerry terdapat tiga nama yang menonjol dan layak diperhitungkan.

“Tiga nama yang menonjol dan layak diperhitungkan yakni Guruh Soekarno Putra, Puti Guntur Soekarno dan anak laki-laki Soekarno yakni Prananda Prabowo,” pungkas Jerry yang tak menyebut Puan Maharani.

Penulis: Redaksi