Politik

Sosialisasi Empat Pilar, Gusti Farid: Pejabat Negara Jangan Sembarang Bicara Kotor

Anggota MPR RI Gusti Farid Hasan Aman menjadi pembicara dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Anggota MPR RI Gusti Farid Hasan Aman menjadi pembicara dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dengan tema Etika Kehidupan Berbangsa yang dilaksanakan Jumat 19 Maret 2021.

Dalam paparannya, Gusti Farid yang juga menjabat sebagai Ketua BKSP DPD RI mengatakan bahwa sosialisasi Empat Pilar MPR RI adalah perintah Undang-Undang dan sangat penting disosialisasikan.

Menurut Gusti Farid, sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini dilakukan karena dari sisi Pancasila, sudah banyak orang yang melupakan Pancasila, apalagi untuk melaksanakan dan mengamalkan.

Baca Juga :  Pilkada 2020 Tangsel, Masyarakat Etnis Karo Ciputat “PeKACIP” Dukung Paslon H Benyamien Davnie – H Pilar Icshan

Gusti Farid memberi contoh, saat ini Indonesia tidak berorientasi pada “Ketuhanan Yang Maha Esa” karena banyak sekali masyarakat yang sudah tidak lagi mengamalkan sila tersebut.

Karena itu, lanjut Gusti Farid, sosialisasi Empat Pilar MPR RI juga dilakukan kepada lembaga-lembaga Pendidikan berbasis agama dengan tujuan agar memahami prinsip-prinsip kebangsaan. Termasuk materi sosialiasi Empat Pilar MPR ini adalah Ketetapan MPR.

“Sebab, masih ada Tap MPR yang berlaku, seperti Tap No. VI/MPR/2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa,” katanya.

Baca Juga :  Menkominfo: Masyarakat Lebih Percaya Media Sosial
sosialisasi Empat Pilar MPR RI juga dilakukan kepada lembaga-lembaga Pendidikan berbasis agama

Dia berujar jika kenegaraan ini ada etikanya. Dia mencontohkan, tidak bisa seorang pejabat negara sembarang mengumbar kata-kata “kotor”. Etika ini perlu disosialisasikan. Sebab menurutnya, dilihat dari segi etika, darurat agama, darurat narkoba, darurat pornografi, sebenarnya adalah karena etika diabaikan.

“Sosialisasi ini untuk memberikan wawasan kebangsaan dengan memahami Empat Pilar yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Gusti Farid.

Editor: Angie

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button