CILACAP, INDONESIAPARLEMEN – Pemerintah Desa Karang Jati, Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah  menggelar sosialisasi penerapan Data IDM berbasis Pemutakhiran Data Berbasis
Sustainable Development Goals (SDGa).

Kegiatan ini turut dihadiri Camat Sampang yang diwakili oleh Kasitapem Kecamatan Sampang Iryanto, Kepala Desa Suratno, perangkat Desa, Babinsa Sertu Tofik N, BPD serta RT dan RW, Rabu (24/04/21).

Kepala Desa Karang Jati, Suratno mengucapkan selamat datang di balai desa Karang Jati diacara sosialisasi pemutahiran Data IDM berbasis SDGs, pentingnya pendataan ini dan melibatkan pendamping desa.

Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa tersebut akan memberikan gambaran riil terkait kondisi desa dan masyarakat desa.

Menurutnya, sesuai instruksi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, hal ini dilakukan untuk memastikan program pembangunan dilakukan secara tepat berdasarkan kebutuhan masing-masing desa.

Dengan merujuk pada Permendesa PDTT No 21/2020, Pokja Relawan Pendataan Desa ini mencakup Kepala Desa,Sekretaris Desa, Kasi Pemerintahan Desa yang beranggotakan Unsur Perangkat Desa,Ketua RW, Ketua RT, Unsur Karang Taruna,Unsur PKK dan Unsur masyarakat lainnya yang bersedia menjadi relawan pendata
Mitra Pendamping Desa,Babinsa,Babinkamtibmas dan Mahasiswa yang berada di Desa, ujar Iryanto selaku Kasitapem
Kecamatan.

Adapun menurut Danramil 07/ Maos yang diwakili Babinsa Karang jati Sertu Tofik N yaitu Kita mengali data desa, data RT, data keluarga dan data warga.

SDGs Desa akan memandu kepala desa untuk melakukan pembangunan bukan berdasarkan keinginan masyarakat atau segelintir tokoh semata, melainkan juga berdasarkan kebutuhan riil masyarakat desa. imbuhnya

“Kepala desa ini tugasnya berat. Karena urusan stunting itu  tanggung jawab seorang kepala desa, kemiskinan pun kepala desa, kesehatan dan kesejahteraan juga kepala desa, Mengingat bebannya sangat tinggi, maka diberikan satu arahan yakni SDGs Desa,” pungkasnya.

Reporter: Heri