Internasional

Makin Memanas, Jet Tempur Rusia Hadang Pesawat Patroli AS

jet tempur MiG-31

JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Hubungan Amerika Serikat (AS) dan Rusia semakin memanas. Kali ini sebuah jet tempur Rusia dilaporkan mencegat dan mengawal pesawat patroli AS dan Norwegia di atas Laut Barents pada Senin (19/4/2021).

Laporan Reuters, yang mengutip kantor berita RIA, menuliskan Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan insiden terjadi di perairan utara Swedia, Norwegia, Finlandia dan Rusia. Ini melibatkan jet tempur MiG-31.

Hal ini juga dikonfirmasi laporan media AS The Hill. Bahkan seorang pejabat Pentagon mengatakan Kementerian Pertahanan AS mengetahui laporan tersebut.

Baca Juga :  Jokowi Beri Selamat ke Joe Biden, Harap Kerjasama Indonesia - AS Diperkuat

“Aktivitas mencegat bukanlah hal yang aneh. Sebagian besar dianggap ‘aman’. Namun, kami tidak membahas detail interaksi itu sendiri,” kata pejabat itu dikutip Selasa (20/4/2021).

Menurut kantor berita Rusia TassĀ  jet tempur MiG-31 Rusia telah “mengawal” pesawat pengintai AS di sepanjang timur laut jauh Semenanjung Kamchatka di atas Samudra Pasifik sejak minggu lalu. Ini terjadi di tengah panasnya kedua negara soal sejumlah hal beberapa bulan terakhir mulai dari penahanan aktivis anti Moskow, Alexei Navalny hingga militerisasi Rusia ke perbatasan Ukraina.

Baca Juga :  Kemlu Pastikan Tak ada WNI Jadi Korban Gempa di Fukushima Jepang

Insiden pencegahan ini juga terjadi kurang dari seminggu setelah pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengumumkan sanksi yang menargetkan beberapa pejabat dan perusahaan Rusia. Hukuman itu termasuk pengusiran 10 diplomat Rusia, yang dituding terlibat aksi mata-mata dan campur tangan dalam Pemilu Presiden AS 2020.

Hal tersebut menimbulkan aksi balasan Rusia. Presiden Vladimir Putin membalasnya dengan mengusir 10 orang Amerika dari Rusia.

Sumber: CNBC

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button