Nasional

Alas Salat Milik ABK Ditemukan, KRI Nanggala-402 Resmi Berstatus Sub-Sunk

Sejumlah serpihan KRI Nanggala-402 yang ditemukan Tim SAR

DENPASAR, INDONESIA PARLEMEN – Tim SAR KRI Nanggala-402 menemukan sejumlah kepingan dan barang-barang, di sekitar lokasi terakhir kapal selam tersebut menyelam di perairan Bali.

Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, barang-barang tersebut diyakini memang bagian atau komponen yang melekat di dalam KRI Nanggala-402.

“Telah ditemukan beberapa kepingan dan barang-barang yang berada di sekitar lokasi terakhir kapal selam tersebut menyelam. Yang diyakini merupakan bagian atau komponen yang melekat di dalam kapal selam,” kata Yudo dalam konferensi pers operasi pencarian KRI Nanggala, Sabtu (24/4/2021).

Baca Juga :  Said Aqil: Ajaran Wahabi dan Salafi Pintu Masuk Terorisme di Indonesia

Terdapat lima jenis barang atau komponen yang ditemukan oleh tim SAR.

Antara lain, kepingan pelurus tabung torpedo berwarna hitam, kepingan pembungkus pipa pendingin, dan satu botol grase pelumas periskop kapal selam.

Lalu, potongan kecil spon-spon penahan panas, serpihan alas salat para ABK, dan minyak solar di dalam botol yang diambil dari permukaan laut.

“Yang hitam adalah pelurus tabung torpedo, kemudian yang tengah adalah untuk pembungkus pipa pendingin, Kemudian botol warna oranye adalah grease untuk pelumasan periskop kapal selam, Kemudian yang sebelahnya adalah alas ABK yang biasa dipakai untuk salat,” Papar Yudho.

Baca Juga :  Ini Isi Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya SJ182 Dengan ATC

Yudo menuturkan, dengan temuan serpihan autentik KRI Nanggala ini, operasi pencarian akan ditingkatkan dari isyarat sub-miss atau kapal selam hilang, menjadi sub-sunk (kapal dinyatakan tenggelam).Tim SAR KRI Nanggala-402 menemukan sejumlah kepingan dan barang-barang, di sekitar lokasi terakhir kapal selam tersebut menyelam di perairan Bali.

Editor: Redaksi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button