Foto: ilustrasi

JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Kepala Badan Intelejen Nasional Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha gugur saat kontak tembak dengan Kelompok Separatis dan Teroris (KST) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (25/4/2021). KST mengadang dan menyerang rombongan Kabinda.

“Kehadiran Kabinda Papua di Kampung Dambet dalam rangka observasi lapangan untuk mempercepat pemulihan keamanan pascaaksi brutal KST Papua di wilayah tersebut,” kata Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto dalam keterangan tertulis, Senin (26/4/2021).

Wawan mengatakan upaya itu untuk meningkatkan morel dan semangat masyarakat. Namun, patroli Satgas BIN bersama Satgas TNI-Polri itu diadang sekitar pukul 15.50 WIT.

“Sehingga terjadi aksi saling tembak di sekitar gereja Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak. Akibat kontak tembak tersebut, Kabinda Papua tertembak dan gugur,” Jelasnya.

Rencananya jenazah akan diterbangkan ke Jakarta. Danny bakal dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dan mendapat kenaikan pangkat secara anumerta menjadi Mayor Jenderal.

Wawan memastikan pihaknya tak tinggal diam terkait kejadian itu. “Satgas BIN dibantu unsur keamanan lainnya terus melakukan pengejaran terhadap KST Papua tersebut,” Pungkasnya.

Editor: Redaksi