Kerumunan pengunjung Tanah Abang. Foto: Merdeka

JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Kerumunan masyarakat memenuhi pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Terlihat lautan manusia memadati area perbelanjaan itu.

“Informasi yang kami dapat dari Pasar Jaya, bahwa kasus yang kemarin saja (Sabtu, 1 Mei 2021) sudah hampir 200 persen dari kapasitas Pasar Tanah Abang,” Kata Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2022).

Meski Marullah tak menyebutkan jumlah pasti pengunjung tapi pihaknya membutuhkan personel tambahan menghadapi situasi tersebut. Selama Ramadan 2021 sebanyak 220 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dikerahkan dan didirikan posko pengamanan di area Pasar Tanah Abang.

Juga tim patroli rutin yang bertugas menjaga dan menghalau pedagang agar tak berjualan di trotoar serta bahu jalan. Sekaligus, memantau penegakan protokol kesehatan.

“Kita masih perlu tambahan pasukan untuk bisa mengamankan lokasi ini. Mudah-mudahan dengan tambahan pasukan ini akan memberikan ketenangan bagi kita semua,” Ucap Marullah.

Marullah mengimbau masyarakat disiplin penerapan protokol kesehatan lantaran kasus covid-19 yang belum terkendali. Di samping itu, Ibu Kota masih menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Masyarakat memang boleh berbelanja, tapi harus memperhatikan protokol kesehatannya,” Pungkas Marullah.

Editor: Redaksi