Peristiwa

SMPN 5 Tambun Selatan Kedepankan Pendidikan Karakter

KABUPATEN BEKASI, INDONESIA PARLEMEN – SMPN 5 Tambun Selatan menyelenggarakan Haflah tahfidz Al-Qur’an di Jalan Griya Asri 2, Desa Sumber jaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kepala sekolah SMPN 5 Tambun Selatan, Rija Sudrajat, menyampaikan, sesuai dengan misi dan visi SMPN 5 Tambun Selatan mewujudkan anak didik unggul, berkarakter, berkarya menuju sekolah sehat berwawasan lingkungan.

Menurut Rija, agar tercapai  visi dan misi nya itu SMPN 5 Tambun Selatan banyak melaksanakan program, diantaranya penguatan pendidikan  karakter.

“Ada dua Pendidikan karakter yang dilaksanakan SMPN 5 Tambun Selatan yaitu pendidikan karakter umum dan pendidikan karakter khusus,” jelas Rija kepada Indonesia Parlemen, Sabtu (1/5/2021).

Rija berkata, sesuai yang diinstruksikan Bupati kabupaten Bekasi mengenai pendidikan karakter melalui peraturan Bupati tentang tujuh tematik.

Dia mengatakan, untuk kegiatan hari senin membiasakan menanamkan jiwa nasionalisme seperti malaksanakan upacara, hari selasa menumbuhkan jiwa patriotisme, hari rabu mengenalkan budaya daerah salah satunya dengan cara  menggunakan seragam daerah masing-masing.

Dan untuk hari Kamis menggapai harapan memberikan motivasi bagi siswa untuk cita-citanya nanti. Hari Jumat gemar beribadah melakukan sholat Dhuha da doa bersama,  hari Sabtu mengasa aktualisasi siswa dengan cara  mengembangkan bakatnya, hari minggu belajar dewasa mengirimkan dokumentasi siswa saat membantu orang tua dirumah, paparnya

Baca Juga :  PAC PDIP Setu Warnai Ramadhan Dengan Santunan

“Itulah uraian mengenai pendidikan karakter umum di SMPN 5 Tambun Selatan,” ucap Rija.

Berikutnya, untuk pendidikan karakter secara khusus sesuai dengan misi dan visi sekolah SMPN 5 Tambun Selatan hal berwawasan lingkungan.

“Jadi masyarakat dapat melihat atau memandang bagaimana itu SMPN 5 Tambun Selatan, bahwa out put dari SMPN 5 ini bisa diterima di masyarakat meskipun hanya lulusan SMPN 5 dengan mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat,” katanya.

Rija berujar, melalui pendidikan karakter yang didapat dari SMPN 5 Tambun Selatan nanti dengan mengembangkan kesenian atau  keagamaan salah satunya tahfidz Al-Qur’an.

Karena SMPN 5 Tambun Selatan mempunyai satu kelas khusus untuk tahfidz Al-Qur’an.

“Alhamdulillah tanggal 30 kemarin, sudah merealisasikan dalam pendidikan karakter secara khusus dengan melaksanakan haflah tahfidz Al-Qur’an dari jus 30, jus 29 dan jus 1,” pungkasnya.

Baca Juga :  Jembatan Penghubung Pemalang-Pekalongan Ambruk, Jalur Pantura Macet

Ia menegaskan, yang dapat mengikuti seleksi tahfidz Al-Qur’an itu kelas tujuh dengan di awali Penerima siswa baru melalui jalur prestasi. Dimana harus mengahapal minimal 2 jus syarat untuk yang diterima melalui jalur prestasi PPDB 2020-2021.

“Karena kita hanya membuka kelas tahfidz 40 siswa maka dari itu kita seleksi dari beberapa siswa khsusnya lulusan dari SDIT,  kemudian diuji atau di test sehingga terbentuklah 1 kelas tahfidz Al-Quran.ini salah satu realisasi mengenai penguatan pendidikan karakter secara khusus,” terangnya.

Tambahnya, untuk kedepan SMPN 5 Tambun Selatan akan membuka boarding terbatas bagi siswa yang tidak mampu akan di seleksi terlebih dahulu berapa jumlahnya siswa lalu dilihat ketidakmampuannya Setelah akan di uji melalui jalur prioritas.

“Hal itu Karena keterbatasan untuk membiayai siswa tersebut,” Katanya.

Pembiayaan itu bartujuan untuk siswa yang mempunyai kemampuan ekonomi orang tua nya menengah kebawah bisa mengikuti boarding untuk memperdalam ilmu Al-Qur’an.

Reporter: Dirham

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button