SERDANG BEDAGAI, INDONESIAPARLEMEN.COM -Kapolres Serdang Bedagai(Sergai), AKBP Robin Simatupang, menggelar Sosialisasi Hukum tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H bertempat di Aula Patriatama Polres Sergai, Selasa (04/05/2021) sekira Pukul 09.00 WIB

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kakankemenag Sergai Zulkifli Sitorus,M.A, Ketua MUI diwakili H. Hairudin, Kabag Sumda Kompol Elman Tambunan, Para PJU Polres Sergai, Para Kanit Reskrim dan Para Kanit Binmas Polsek Jajaran.

Kapolres AKBP Robin Simatupang menyampaikan edukasi dan sosialisasi peniadaan mudik agar tidak menjadi polemik ditengah masyarakat.

“Perlu kita sosialisasikan dan edukasi masyarakat tentang peniadaan mudik, ini bertujuan untuk mutus mata rantai penyebaran Covid -19, sehingga tidak menjadi polemik ditengah masyarakat,” Kata Robin

Dia menekankan agar Polsek Jajaran Polres Sergai untuk melakukan tindakan tegas dan humanis kepada masyarakat yang nekat melakukan mudik.

Sementara Kakankemenag Sergai Zulkifli Sitorus mengungkapkan setiap Agama pasti mengajarkan kebaikan dan kasih sayang.

Zulkifli menerangkan konteks agama Lebaran tentang Mudik, mudik tidak ada dalam alquran maupun hadist, mudik
merupakan fenomena budaya orang Indonesia, mudik tidak ada dalam Al-quran maupun Hadist,” kata Zulkifli

Zulkifli mengajak seluruh intansi terkait harus secara proaktif dalam menangani dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang peniadaan mudik Idul Fitri 1442 H

Sebelumnnya Wakil Ketua MUI H. Hairuddin mengungkapkan bahwa Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Serdang Bedagai mendukung tugas penyekatan dalam rangka peniadaan mudik Idul Fitri 1442 H.

MUI  Serdang Bedagai juga mensosialisasikan kepada msyarakat Sergai tentang peniadaan mudik selama perayaan Idul Fitri 1442 H.

“Pelaksanaan Ibadah di tengah wabah juga pernah di sampaikan Nabi Muhammad, Arab Saudi juga menerapkan Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Ibadah,” Ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi hukum tentang peniadaan mudik pada Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H oleh Kasubbag Hukum, Bag Sumda Polres Sergai ( Surya Damanik)