Nasional

Cegah Pemudik Masuk, Bogor Akan Sekat 6 Titik Ini

Pemeriksaan dengan cek point untuk menghalau pemudik

BOGOR, INDONESIA PARLEMEN – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor melaksanakan apel untuk operasi ketupat 2021.

Dikatakan Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, apel ini dilakukan pihaknya untuk memastikan kesiapan petugas jelang penyekatan arus mudik lebaran yang bakal berlangsung mulai Kamis 6 Mei 2021 hingga Senin 17 Mei 2021 mendatang.

Rencananya penyekatan jalan akan dimulai pada 6 hingga 17 Mei 2021 nanti, bertepatan dengan diberlakukan kebijakan larangan mudik pada Lebaran 2021.

Titik penyekatan tersebut akan didirikan di sejumlah ruas jalan yang memang berbatasan langsung dengan daerah lainnya. Seperti perbatasan wilayah Bogor dengan Kota Bogor, Cianjur, Sukabumi, Depok, Bekasi, Jakarta, dan Tangerang.

Baca Juga :  Larangan Mudik Masih Berlaku, Bepergian 18-24 Mei Wajib Tunjukkan Surat Bebas Covid-19

“Seperti di kawasan Cibinong, Cileungsi, Puncak, Cigombong, Parung, Cigombong, dan Jasinga. Kalau memang poskonya kurang bisa kita tambah, lihat kebutuhan saja,” katanya, Rabu (5/5/2021).

Dijelaskan Iwan, ada dua metode yang akan diterapkan pada pola pengawasan nantinya. Pola pertama bagi masyarakat di wilayah Jadetabek dan kedua orang yang diluar Jadetabek yang akan masuk Bogor.

Bagi pemudik wilayah Jabodetabek yang diperbolehkan melakukan perjalanan pendek akan dilakukan pemeriksaan sertifikat vaksin dan surat keterangan negatif antigen.

“Pola pertama bagi pemudik lokal atau Jabodetabek akan diperiksa sertifikat vaksin dan surat negatif antigen,” jelasnya.

Sedangkan pola kedua bagi pemudik di luar Jabodetabek yang sama sekali tidak diperkenankan melakukan perjalanan maka akan langsung diminta putar balik.

Baca Juga :  Beredar Hoax KRI Nanggala-402 Ditembak Rudal Prancis

“Kita lihat dari pelat kendaraan, juga pemeriksaan KTP. Bila diketahui ingin mudik, kita langsung putar balik,” tutupnya.

Berikut 7 titik penyekatan jalur mudik 2021 di wilayah Kabupaten Bogor :

1. Check Point Cibinong, Sp. Pasar Cibinong (Batas Depok).
2. Check Point Cileungsi, Sp. Limus Nunggal (Batas Kota Bekasi).
3. Check Point Jonggol, Sp. Cibarusah (Batas Karawang).
4. Check Point Cisarua, Rindu Alam, Puncak Bogor (Batas Cianjur).
5. 14. Check Point Parung, (Batas Sawangan).
6. Check Point Jasinga (Batas Tangerang).
7. Check Point Cigombong (Batas Kab. Sukabumi).

Editor: Redaksi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button