Pos Kesri Jorong Piliang Bendang Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat

TANAH DATAR, INDONESIA PARLEMEN – Pos Kesehatan Nagari (Pos Kesri) Jorong Piliang Bendang Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat telah rampung pembangunanya. Namun sayang sampai saat ini, fasilitas kesehatan itu belum difungsikan.

Pihak pemerintahan Nagari Simawang telah mengajukan surat permohonan dan mendatangi kantor dinas kesehatan Kabupaten Tanah Datar agar Pos Kesri Piliang Bendang bisa segera difungsikan.

Namun upaya yang dilakukan pemerintah Nagari Simawang belum bisa diproses oleh dinas kesehatan Kabupaten Tanah Datar dikarenakan kurangnya Bidan selaku tenaga kesehatan.

“Besar harapan pemerintah Nagari Simawang pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar agar Pos Kesri Piliang Bendang difungsikan. Karena perjuangan untuk dapat mendirikan poskesri pilang bendang bukan hal yang mudah,” ujar Sahrial Antoni selaku Sekretaris Nagari Simawang kepada Indonesia Parlemen, Senin (10/5/2021).

Dari pantauan dilapangan, bangunan Pos Kesri tersebut tampak kosong. Tidak nampak satupun alat kesehatan yang tersedia. Bangunan baru tersebut nampak tak terawat. Terlihat cat tembok bangunan dan papan plang telah memudar dan dipenuhi rumput liar.

Saat dihubungi, Yesrita Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar mengatakan Poskesri Piliang Bendang belum bisa difungsikan bukan karena tidak adanya anggaran dari pemerintah daerah, Tapi karena bidan yang akan ditempatkan di Pos Kesri tersebut. Untuk prosesnya saat ini sedang dalam penentuan oleh Badan Kepegawaianan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

“Dinas kesehatan Kabupaten Tanah Datar telah mengabil keputusan dengan segera mungkin. Dan mengusulkan tenaga kesehatan (bidan) pada Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) agar bisa menempatkan tenaga kesehatan (bidan) di Pos Kesri Piliang Bendang,” Ujar Yesrita.

Reporter: Debi Putra/Nico
Editor: Angie