Menteri Kominfo Johnny G. Plate.

JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) turut menghadiri upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) secara virtual, Kamis (20/5/2021).

Upacara yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ini dipimpin oleh Menteri Kominfo Johnny G. Plate.

Meski diperingati dalam situasi pandemi, Menteri Johnny menyebutkan agar peringatan hari ini menjadi momen untuk kembali bangkit menjadi negara yang tangguh.

“Peringatan ini sejatinya dapat dijadikan untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh,” ujarnya dalam upacara Hari Kebangkitan Nasional dengan tema ‘Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh,” Kamis (20/5/2021).

Johnny mendeskripsikan kata tangguh ke dalam beberapa hal. Tak hanya dalam menghadapi pandemi, tapi juga selalu bersiaga dalam dengan ancaman baru gelombang Covid-19.

Ia juga mengajak rakyat Indonesia agar makin tangguh dalam menghadapi beredarnya misinformasi, disinformasi, dan hoaks, terutama dalam penggunaan ruang digital. Menurutnya, ruang digital sebaiknya dimanfaatkan untuk kemajuan ekonomi.

“Mari kita manfaatkan ruang digital secara tepat dan bijak, katakan tidak pada segala jenis hoaks, ujaran kebencian dan berbagai jenis penyalahgunaan ruang digital,” jelasnya.

Terakhir, ia juga berharap Indonesia makin tangguh dalam memulihkan ekonomi nasional, salah satunya dengan memanfaatkan ekonomi digital. Dikatakannya, bisnis dagang berbasis digital ini diproyeksi tumbuh 33,2 persen dari tahun 2020 lalu.

Pada kesempatan yang sama, Johnny mengingatkan bahwa Indonesia harus bergerak sebagai bangsa tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan golongan. Selain itu ia juga mengajak semua orang untuk memacu ekonomi dan kemajuan peradaban untuk membangkitkan kembali Bangsa Indonesia. “Menuju Indonesia Digital, Semakin Digital Semakin Maju!”, tutupnya.

Reporter : Elly
Editor      : Angie