Foto: ilustrasi

JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Bareskrim Polri menyelidiki dugaan kebocoran data pribadi 279 juta warga negara Indonesia (WNI) yang dijual secara online di forum hacker Raid Forums.

Sebagai tindak lanjut, direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti akan dipanggil untuk dimintai keterangan.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengatakan Ali Ghufron akan dipanggil pada Senin (24/5/2021) mendatang.

“Dirut BPJS Kesehatan akan dipanggil untuk klarifikasi,” kata Komjen Agus, Jumat (21/5/2021)

Pada kesempatan sebelumnya, Komjen Agus menegaskan Bareskrim serius menangani kasus yang menjadi perhatian publik ini. Dia juga telah membentuk tim agar pengungkapan kasus ini tuntas.

“Sejak isu bergulir, saya sudah perintahkan Dirtipidsiber (Brigjen Slamet Uliandi) untuk melakukan lidik hal tersebut,” jelasnya.

BPJS Kesehatan akan memastikan dan menguji ulang data pribadi yang diduga bocor. Hal ini terjadi setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memanggil BPJS Kesehatan, kemarin, Jumat (21/05/2021).
Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi.

“BPJS segera akan memastikan dan menguji ulang data pribadi yang diduga bocor,” kata Dedy, dalam keterangan resminya, Jumat (21/5/2021).

Dia mengatakan, BPJS Kesehatan akan melakukan investigasi terkait dugaan bocornya data ini. Proses investigasi ini akan dilakukan dengan koordinasi bersama Kementerian Kominfo dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Editor: Redaksi