Penyerahan BLT dana desa tersebut dilaksanakan di kantor Wali Nagari setempat, Kamis (19/5/2021).

TANAH DATAR, INDONESIA PARLEMEN-Sebanyak 50 kepala keluarga (KK) di Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat menerima bantuan langsung tunai (BLT) dana desa sebesar RP300 Ribu.

Penyerahan BLT dana desa tersebut dilaksanakan di kantor Wali Nagari setempat, Kamis (19/5/2021).

Pembagian BLT dana Desa berlangsung sangat lancar. Pembagian dilakukan terpusat di kantor Wali Nagari Parambahan dan di berikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Satu-persatu warga yang termasuk dalam daftar penerima BLT mendatangi meja petugas untuk mengisi daftar hadir dan menunggu giliran menerima BLT dana desa.

Pembagian BLT dana desa ini merupakan program pemerintah untuk membantu warga yang terdampak Covid-19,

Wali Nagari Parambahan Robi Yasdi mengimbau agar warga yang menerima bantuan mempergunakan dana BLT dengan bijaksana dan untuk keperluan yang utama.

“Saya berpesan agar dana BLT ini digunakan sebaik-baiknya untuk keperluan sehari-hari dalam menghadapi wabah Covid-19),” ujarnya.

Robi juga berharap agar Warga bersama-sama dengan Aparatur Nagari, Kecamatan serta Aparat keamanan untuk turut membantu kelancaran penanganan Covid-19.

“Semoga wabah covid-19 ini segera bisa diatasi,” harapnya.

Lebih lanjut, Robi juga mengatakan agar masyarakat menggunakan bantuan yang diterima dengan bijaksana untuk memenuhi kebutuhan pokok (sembako).

“Bukan untuk yang tidak penting. Kita tidak tahu kapan berakhir pandemi Covid-19 ini. Taati protokol pencegahan yang telah ditentukan pemerintah,” tegasnya.

Pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Nagari , Tahap I Tahun anggaran 2021 senilai Rp.300.000,-/KK.

Protokol kesehatan tentu saja harus dijalankan dengan sangat baik, seperti Awak Media lihat langsung saat pembagian BLT DD di Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar Sumbar.

Pembagian BLT DD sangat memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) seperti disediakannya Hand sanitaiser, Pengecekan Suhu, Kursi dipasang dengan jarak satu dengan yang lain kurang lebih satu meter, dan wajib menggunakan masker.

“penyaluran BLT DD sebesar Rp.300.000 diberikan kepada 50 Kepala Keluarga (KK) Masyarakat Nagari Parambahan dan mengutamakan masyarakat miskin,yang mederita sakit menahun dan masyarakat yang menetap di Nagari Parambahan,” ujar Robi.

Dengan disalurkannya BLT DD tahap I ini, Warga Nagari Parambahan yang terdampak Covid-19 semoga terbantu, setidaknya beban yang di tanggung selama pandemi bisa sedikit berkurang,” tambahnya.

Robi juga mengingatkan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan selama proses pembagian bantuan dan menghimbau agar selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Kegiatan penyerahan BLT DD ini, dihadiri oleh Camat, Bhabinkamtibmas, BPRN, Tokoh Masyarakat dan Pemerintah Nagari Parambahan.

Reporter: Debi Putra
Editor: Angie