Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Santer beredar kabar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerima gratifikasi berupa sebuah rumah mewah. Rumah ini dikatakan merupakan pemberian dari hasil pengembangan reklamasi.

Kabar ini ramai beredar di media sosial. Rumah mewah itu disebut berada di kawasan Kebayoran Baru.

Dari postingan yang beredar di media sosial, terlihat rumah sebuah rumah mewah berlantai dua. Rumah ini bercat putih dengan ornamen berwarna emas dan pagar hitam.

“Saya rasa teman-teman media bisa memanfaatkan ini untuk kesempatan kritis. Karena kalau ada berita seperti itu Anda kejar, di mana lokasinya, di mana alamatnya, di mana nomornya. Jadi beritanya itu lengkap,” kata Anies kepada wartawan, di kantor gubernur, Jakarta Pusat, Senin (24/5/2021).

Dia bahkan meminta awak media menelusuri isu tersebut.

“Ini kesempatan buat teman-teman bisa menunjukkan ini berita yang sahih atau berita yang tidak sahih, karena tanggung jawab penulis berita adalah membuat bukti atas berita yang ditulis,” jelasnya.

“Kalau yang disebutkan saya nggak perlu membuktikan, yang membuktikan kan menuduh. Gitu ya. Makasih,” Tambah Anies.

Sebelumnya, menanggapi kabar ini, penasihat Fraksi Partai Gerindra DKI Jakarta Muhammad Taufik membantah hal tersebut. Dia mengatakan informasi terkait gratifikasi rumah tersebut tidak benar.

Dia menyanggah Anies memiliki rumah di kawasan Kebayoran Baru. Menurut Taufik, rumah yang Anies miliki hanya berada di kawasan Lebak Bulus.

“Setahu saya, nggak punyalah dia. Rumahnya yang lama saja Lebak Bulus itu,” Ucapnya.

Menurutnya, gambar rumah yang beredar tidak sesuai dengan tipe dan selera Anies. Menurutnya, Anies memiliki selera rumah yang unik, seperti rumah pribadinya saat ini.

“Gambar itu kan gambar yang di media sosial ya. Orang bikin gambar itu berarti orang yang nggak paham, nggak kenal Pak Anies. Kita lihat rumah Pak Anies itu antik loh, di dalam tanah, atasnya pendopo bawahnya rumah. Jadi, kalau kita ngobrol di pendopo, kita nggak tahu di bawah ada rumah,” ucap Taufik.

Editor: Redaksi