Foto: ilustrasi

JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mendapatkan informasi jika Indonesia tak mendapatkan kuota untuk beribadah haji tahun 2021.

Ini dikarenakan, belum keluarnya kuota vaksin untuk jemaah Indonesia.

“Ya sementara kita nggak usah bahas itu dulu (vaksin jemaah haji). Karena informasi terbaru yang kita dengar bahwa kita nggak dapat kuota haji. Nah ini untuk pelajaran juga bagi kita supaya soal vaksin ini kita akan lebih perhatikan agar tidak terjadi hal-hal seperti ini,” terang Dasco kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (31/5/2021).

Dia mengatakan, belum mendapat informasi detail soal alasan Indonesia tidak mendapat kuota haji dari Arab Saudi tahun ini. Dia membeberkan Komisi VIII DPR atau pimpinan DPR lain yang akan memberi penjelasan.

“Saya belum tahu. Saya baru dapat informasi begitu. Nanti mungkin akan dijelaskan oleh Komisi VIII DPR yang terkait. Atau nanti Pak Muhaimin Iskandar sebagai Wakil Ketua DPR yang membawahi yang akan menjelaskan,” katanya.

Sementara Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily juga mendapat informasi yang sama. Ada 11 negara yang sudah mendapat kuota haji dari Arab Saudi. Sayangnya, Indonesia bukan salah satunya.

“Informasi resmi yang kami terima memang pemerintah Arab Saudi telah memberikan izin masuk ke negara tersebut,” ungkap Ace.

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi menetapkan sejumlah vaksin Covid-19 yang diperbolehkan sebagai syarat jemaah haji dan umroh, yaitu yang masuk list WHO. Ada tiga jenis vaksin Corona yang termasuk di dalamnya, yaitu Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca.

Saat ini pemerintah sedang mengajukan Sinovac untuk diperbolehkan sebagai syarat jemaah haji ke Arab Saudi. Namun belum ada informasi soal hasil pengajuan itu.

Editor: Redaksi