Presiden Joko Widodo

JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengajak semua pihak tidak terkecuali bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk dapat semakin memperkokoh nilai-nilai Pancasila, untuk mewujudkan Indonesia maju. Demikian disampaikannya dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, secara virtual, Selasa (1/6/2021).

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” ucapnya.

Disampaikan meskipun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan sepanjang Republik Indonesia berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila semakin berat.

Menurut Presiden, yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antarpandangan, rivalitas antar nilai-nilai, dan rivalitas antarideologi.

Sebab ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi.

Selain itu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga turut memengaruhi setiap aspek ideologi. Masuknya revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, berinteraksi, dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara.

“Kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal bisa melampaui strandar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi ini,” ujarnya.

Untuk menjawab berbagai tantangan tersebut diperlukan perluasan dan pendalaman nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Diperlukan cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama dengan hadirnya revolusi industri 4.0.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila juga diikuti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, serta seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian PANRB.

Reporter : Elly
Editor      : Angie