JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN –Tiga Pilar Kecamatan Gambir, menggelar patroli penegakan protokol kesehatan di wilayah Gambir, Jakarta Pusat. Patroli ini melibatkan Polsek Metro Gambir, Koramil Gambir, Satpol PP Kecamatan Gambir, dan Dinas Perhubungan dan FKDM Jakarta Pusat.

Patroli ini dimulai dari Kawasan Monas, kemudian ke Harmoni, hingga kawasan Hayam Wuruk. Di beberapa titik, aparat gabungan ini sempat membubarkan sejumlah kerumunan dan mengimbau untuk mematuhi protokol kesehatan.

Kapolsek Metro Gambir Akbp Kade Budiyarta Sik mengatakan, sasaran patroli ini adalah warga-warga yang sering berkumpul di sekitaran Ring Satu atau sekitaran Monas. Patroli ini dilakukan karena angka positif COVID-19 di wilayah Jakarta mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir ini.

“Jakarta masih melaksanakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) skala mikro, jadi kita menertibkan masyarakat. Pelaksanaan cipkon (cipta kondisi) ini berupa himbauan dan pembubaran terhadap masyarakat yang suka nongkrong dan berkerumun di malam hari,” kata Budi, di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu malam, (12/6/2021).

Selain membubarkan kerumunan, lanjut Budi, pihaknya juga akan menertibkan kendaraan-kendaraan yang menggunakan knalpot racing dan mengganggu ketertiban umum, atau yang tidak menggunakan knalpot yang tidak sesuai standar pabrik. “Penertiban knalpot racing juga kita lakukan agar tidak mengganggu dengan suara kendaraan yang bising,” lanjutnya.

Dalam patroli cipkon ini, sejumlah kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot recing ditilang karena tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan. Selain itu, sejumlah tempat makan yang masih berjualan dan menyediakan tempat untuk makan di tempat pun diimbau.

“Untuk restoran dan tempat kuliner yang masih menyiapkan makan di tempat juga kami minta untuk hanya menyiapkan take away atau tidak makan di tempat. Karena memang, aturan makan di tempat hanya berlaku sampai pukul 21.00 WIB,” jelas Budi.

Hingga patroli selesai, sebut Budi, tampak kerumunan di kawasan Monas dan beberapa wilayah tampak kondusif. Beberapa kerumunan warga diperingatkan dan diimbau untuk pulang ke rumah.

“Karena saat ini, angka COVID-19 di Jakarta masih sangat tinggi dan mencapai 2.455 positif COVID-19 per Sabtu hari ini. Jadi kita minta warga untuk tertib menjaga protokol kesehatan dengan cara memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak di tempat umum,” pungkas dia.

Reporter  : Noval Verdian