Peringati Hari Lingkungan Hidup, Anak Muda Diminta Lakukan Restorasi Ekosistem

  • Bagikan

 

PEMALANG, INDONESIA PARLEMEN – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, gabungan berbagai komunitas menggelar aksi bersih bersih pantai di lokasi wisata Pantai Joko Tingkir Desa Nyamplungsari, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Minggu (13/6/2021).

Kegiatan ini digagas oleh WCD (World Cleanup Day) dan KPK Pemalang (Komunitas Peduli Kali) dan berkolaborasi dengan komunitas lainnya, yaitu Aku Badut Indonesia (ABI), Aliansi Masyarakat Taman Timur (AMTT),  Karang Taruna Putra Seketi Desa Gondang, Karang Taruna Wiyata Mandiri Desa Sokawangi, Karang Taruna Desa Pener dan Komunitas Gondang Bersatu.

Kegiatan tersebut didampingi pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Pemalang yang sangat mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Warga Perumahan Ini Rela Kumpulkan Uang dan Gotong Royong Perbaiki Akses Jalan Yang Rusak

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah, “dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Se- Dunia yang jatuh pada 5 Juni 2021, “kali ini kita fokus pada bersih bersih sampah Pesisir pantai di Desa Nyamplungsari, baik itu sampah organik maupun sampah anorganik, Ungkap Imam ketua komunitas KPK.

Masih menurut Imam, Dipilihnya lokasi ini juga dimaksudkan untuk menggugah kesadaran masyarakat khususnya wisatawan yang berkunjung di kawasan wisata tersebut agar lebih peduli terhadap pelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke sungai.

Baca Juga :  Hari Pertama, Camat Karangreja Bingung Ditanya Soal BPNT

“Karena sampah di sungai akan terbawa arus hingga mencemari laut dan sebagian terbawa ombak menumpuk di pantai,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan, Sampah-sampah ini selain mengganggu keindahan pantai juga berbahaya untuk ekosistem yang ada disekitarnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat akan lebih sadar dan peka terhadap masalah sampah dan tetap menjaga kelestarian ekosistem pantai, Pungkasnya.

Ketua KPK Pemalang juga menyampaikan akan terus melakukan kegiatan serupa secara rutin, khususnya dalam memperingati Hari Sungai yang jatuh setiap tanggal 27 Juli.

Reporter : Rae

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *