JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Bantuan sosial telah disalurkan bagi ratusan jiwa terdampak kebakaran di kawasan padat penduduk, Jalan Pesanggrahan IV RT 9 dan 10 RW 12, Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara.

Bantuan ini meliputi antara lain makanan siap saji, logistik, hingga masker sebagai upaya pencegahan klaster baru Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Bantuan sosial sudah kami salurkan pasca kebakaran mereda,” kata Rosihan, Kepala Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Utara saat dikonfirmasi, Kamis (17/6).

Dijelaskan Rosihan, makanan siap saji diberikan kepada korban terdampak kebakaran sebanyak tiga kali sehari selama tiga hari ke depan.

Begitu pun logistik yang telah disalurkan, seperti biskuit, minyak goreng, selimut, kaos polos, kaos kerah, kaos dalam pria, daster, sarung, peci, handuk, sampo anak, popok bayi, perlak bayi, popok dewasa, pembalut perempuan, dan pakaian dalam laki-laki maupun perempuan.

“Tagana langsung bersiaga membawa logistik ke titik pengungsian. Makanan siap saji kami suplai sesuai jam makan setiap harinya,” jelas Rosihan.

Dikonfirmasi terpisah, Lurah Pademangan Timur, Bambang Mulyanto menerangkan posko pengungsian berada di sisi kiri Jalan Benyamin Suaib yang tak jauh dari lokasi kebakaran.

Dia memfokuskan pencegahan timbulnya klaster baru Covid-19 pada lokasi pengungsian dengan memberikan masker serta himbauan protokol kesehatan bagi korban terdampak.

“Imbauan terus kami sampaikan agar pengungsi menerapkan protokol kesehatan. Kami siagakan juga petugas di sana untuk selalu mengingatkan,” tutupnya.

Diketahui, kebakaran di kawasan padat penduduk ini menyebabkan setidaknya 70 Kepala Keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal. Diduga kebakaran yang terjadi pada Rabu (16/6) kemarin disebabkan hubungan arus pendek listrik pada salah satu rumah warga.

Reporter  : Bintarsih