Menkes Budi G. Sadikin dan Ketua KPCPEN Airlangga Hartarto memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Presiden Jokowi mengenai Penanganan Pandemi COVID-19, Senin (03/05/2021)

JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pada saat ini kasus Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan yang luar biasa.

Itu diungkapkan setelah menggelar rapat terbatas penanganan Covid-19 secara virtual bersama Presiden Joko Widodo, Menko Perekonomian, Kepala BNPB, Panglima TNI dan Kapolri pada Senin (21/6/2021).

“Kami sampaikan sampai saat ini memang terjadi peningkatan (Covid-19) yang luar biasa dan itu penting untuk bisa fokus bukan hanya di sisi hilir atau di sisi RS, di sisi penanganan orang sakit. Tetapi lebih penting lagi fokus ke sisi hulu,” ujar Budi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Untuk itu pemerintah menekankan bagaimana cara agar orang sehat tidak menjadi sakit karena terpapar Covid-19.

Diungkapkan Budi, Presiden Jokowi sudah memberikan dua poin arahan.

“Yang pertama, agar kita menangani di sisi hulu dengan baik. Sehingga mengurangi tekanan ke sisi hilirnya. Di mana kita bisa menangani agar bisa mencegah orang sehat jadi sakit. Bukan hanya tangani orang yang sudah sakit agar jadi sehat,” kata Budi.

Untuk menguatkan penanganan sisi hulu tersebut, kata Budi, Presiden meminta penguatan pelaksanaan PPKM berskala mikro.

Lalu, cara kedua yakni dengan mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Diberitakan, pemerintah melaporkan bahwa penularan Covid-19 masih terjadi di masyarakat hingga saat ini.

Pemerintah melaporkan penambahan 13.737 kasus Covid-19 per pukul 12.00 WIB pada Minggu. Penambahan kasus tersebut tersebar di 33 provinsi.