Simak Fitur Canggih Windows 11 Yang Baru Dirilis

  • Bagikan
foto: ilustrasi

JAKARTA – Microsoft resmi merilis Windows 11. Sistem operasi ini bawa antarmuka sederhana, tampilan baru Windows Store, peningkatan kinerja dan pengalaman multitasking.

“Modern, lebih segar, bersih, cantik,” kata Panos Panay, Chief Product Officer Microsoft saat acara peluncuran yang digelar secara online, Kamis malam (24/6/2021).

Windows 11 menyertakan menu dan tombol Start baru. Posisinya tidak lagi di ujung kiri layar, perusahaan yang bermarkas di Redmond itu memindahkannya ke tengah.

Tidak ada Live Tile yang menjadi ciri khas sistem operasi milik Microsoft sejak Windows 8 dihadirkan. Kini berganti dengan aplikasi yang dibutuhkan pengguna.

Tema pun diperbarui, ada pilihan Light dan Dark Mode, keduanya dengan latar belakang transparan. Di sisi kiri, Microsoft menempatkan panel widget yang didukung AI, menampilkan berbagai informasi yang dapat dipersonalisasi.

Baca Juga :  Pengguna Whatsapp Mulai Beralih ke Telegram

Tak kalah menarik dari semua fitur baru Windows 11 adalah ukuran updatenya sendiri. Microsoft memastikan ukurannya lebih kecil dari sebelumnya.

“Windows update lebih kecil 40%,” ujar Panay.

Sistem operasi ini juga menjanjikan lebih efisien dan hemat dalam konsumsi daya. Alhasil bikin baterai perangkat yang menjalankannya tidak cepat terkuras.

Panay pun memastikan Windows 11 sangat aman. Bahkan dia sesumbar sistem operasi teraman yang pernah dibuat oleh Microsoft.

Microsoft Teams menjadi bagian dengan Windows 11, baik untuk konsumen maupun pengguna komersial. Teams terintegrasi langsung ke bilah tugas, memungkinkan pengguna Windows 11 untuk menelepon teman, keluarga, atau rekan kerja.

Diperkenalkan pula Snap Layout. Fitur baru ini memungkinkan pengguna memilih tata letak saat aplikasi dijalankan agar sesuai kebutuhan mereka.

Baca Juga :  Soal Laka Lantas Di Bekasi, Kasat Lantas Polres Bekasi : Kurangnya Tingkat Kedisiplinan Para Pengendara

Perusahaan yang dipimpin Satya Nadella ini meningkatkan gesture pada tablet. Peningkatan pula dilakukan pada goresan stylus dan voice typing.

Guna memanjakan para gamer, Windows 11 membawa fitur Auto HDR membuat gambar lebih tajam dan detail. Microsoft turut membawa DirectStorage untuk mempercepat waktu load game.

Kabar baik lagi Xbox Game Pass terintegrasi dalam Windows 11. Lantaran menyertakan xCloud, pengguna bisa stream game lewat sistem operasi ini.

sama menariknya, Windows Store diperbaiki penampilannya, jadi lebih bersih dan menarik dari sebelumnya. Tapi yang paling mengejutkan aplikasi Android akan bisa berjalan di Windows 11.

Fitur Windows 11 mulai akan tersedia untuk semua pengguna pada musim liburan atau kemungkinan akhir November. Sebelum itu, mereka akan merilis versi beta publik mulai minggu depan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *