Rute Trans Jak Lingko di Wilayah Ini Gratis!

  • Bagikan
Foto : Mikro Trans Jak Lingko

JAKARTA – Sebanyak dua belas trayek Mikro Trans Jak Lingko beroperasi di Jakarta Utara. Moda trasportasi terintegrasi ini masih melayani penumpang dengan tarif nol rupah sejak diresmikannya pada Oktober 2018 silam.

Koordinator Pengawasan Angkutan Integrasi Antar Moda Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Utara Umar Asgaf menyebut terdapat dua belas trayek Mikro Trans yang saat ini beroperasi di Jakarta Utara. Total armada dari kedua belas trayek ini mencapai 3.866 unit.

“Di Jakarta Utara ada dua belas trayek Mikro Trans Jak Lingko yang telah beroperasi,” kata Umar usai mengecek protokol kesehatan (prokes) Mikro Trans Jak Lingko di Jalan Terusan Kelapa Hybrida, Kelurahan Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (29/6).

Umar menjelaskan, layanan Mikro Trans ini masih bertarif nol rupiah bagi penumpang setianya. Moda transportasi ini juga terintegrasi dengan moda transportasi lainnya seperti Trans Jakarta, Lintas Rel Terpadu (LRT), Moda Raya Terpadu (MRT), hingga Kereta Rel Listrik (KRL).

Baca Juga :  Kapolda Jateng Tantang Polres dan Pemda Kabupaten Sragen Kendalikan Angka Covid-19 Sampai Nol

“Untuk Headway (waktu antara) moda Mikro Trans Jak Lingko ini lima menit pada jam sibuk seperti pagi mulai pukul 05.00-08.00 WIB. Di luar jam itu tujuh sampai sepuluh menit. Pramudi juga tidak mengetam sehingga mempercepat perjalanan,” jelasnya.

Dalam mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dipastikan setiap unit Mikro Trans Jak Lingko menerapkan kewajiban penggunaan masker, menyediakan pencuci tangan (hand sanitizer), dan pengaturan jarak antar penumpang.

Setiap unit hanya dapat diisi lima puluh persen kapasitas penumpang atau enam orang. Jam operasionalnya pun kini dibatasi hingga Pukul 21.00 WIB.

“Sistem pembayarannya tapping. Tapi untuk Mikro Trans ini masih nol rupiah. Kami juga mewajibkan setiap unit merapkan protokol kesehatan guna menjegah penyebaran Covid-19,” tutupnya.

Baca Juga :  Pemuda Batak Bersatu DPC Kabupaten Karimun Resmi Dilantik Oleh Ketua DPD Kepri Mitra Sianipar

Berikut trayek Mikro Trans Jak Lingko di Jakarta Utara :

1. Jak 01 Tanjung Priok – Plumpang
2. Jak 05 Semper – Rorotan
3. Jak 15 Tanjung Priok – Rusun Marunda
4. Jak 29 Tanjung Priok – Sukapura
5. Jak 58 Koja – Rorotan
6. Jak 59 Rawasengon – Rawamangun
7. Jak 60 Kelapa Gading – Kemayoran
8. Jak 61 Terminal Pulogadung – Cempaka Mas
9. Jak 77 Tanjung Priok – Jembatan Hitam
10. Jak 88 Tanjung Priok – Ancol Barat
11. Jak 112 Pulogadung – Tanah Merah
12. Jak 117 Tanjung Priok – Tanah Merdekan.

Reporter  : Bintarsih

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *