Ganasnya Varian Kappa! Cuma Berpapasan 10 Detik Bisa Menular

  • Bagikan
Foto: ilustrasi

JAKARTA – Melonjaknya kasus ditandai dengan masuknya Virus Covid-19 varian Kappa sudah ke Indonesia. Varian Kappa merupakan jenis varian baru Korona dengan kode B1617.1.

Varian Kappa disebut sebagai turunan varian Delta namun dengan gejala yang lebih serius dan penularan yang lebih cepat, kurang dari 10 detik.

Dengan kata lain penularan varian Kappa bisa terjadi hanya dengan berpapasan atau kontak sekilas dengan orang asing.

“Jika covid-19 sebelumnya menginfeksi orang di rumah atau tempat kerja yang sama, Kappa memiliki penularan ke orang asing dalam kontak sekilas,” terang Ketua Covid-19 Negara Bagian Victoria, Jeroen Weimar dikutip dilansir dari ABC.

Baca Juga :  Siap-Siap Sertifikat Tanah Asli Bakal Ditarik BPN

Hal senada juga diungkapkan Kepala Petugas Kesehatan New South Wales, Kerry Chant menggambarkan, virus ini (Kappa) sangat cepat menulari orang-orang yang berjalan di Bondi Junction Westfield.

“Mereka jelas saling berhadapan, tapi secara harfiah, seseorang bergerak, saling berhadapan untuk sesaat. Dekat, tapi hanya sesaat,” kata Chant.

“Kami mencurigai ada satu kasus, kami tahu mereka berjarak 20 meter (terpisah), masuk di tempat yang berbeda pada waktu yang sama di area itu dan positif covid-19. Jadi kami curiga mereka hanya menyeberang dan terinfeksi,” imbuhnya.

Baca Juga :  Lebih Baik dari Rata-rata Dunia, Presiden; Kasus Aktif Harus Terus Ditekan

Sementara itu, di Indonesia sendiri kasus varian Kappa sudah masuk ke DKI Jakarta dan Sumatera Selatan.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *