JAKARTAAnosmia adalah hilangnya kemampuan seseorang untuk mencium bau. Kondisi ini juga dapat menghilangkan kemampuan penderitanya untuk merasakan makanan.

Kehilangan kemampuan indera penciuman atau anosmia dapat memengaruhi hidup seseorang. Selain tidak bisa mencium bebauan dan merasakan makanan, kondisi ini dapat memicu hilangnya nafsu makan, penurunan berat badan, malnutrisi, hingga depresi.

Anosmia juga kerap dialami oleh penderita Covid-19. Oleh karena itu, jika Anda mengalami anosmia dan memerlukan pemeriksaan Covid-19.

Dikutip dari NetMeds, anosmia terjadi ketika saraf yang bertugas mengirimkan sinyal dari hidung ke otak mengalami kerusakan. Penyebab anosmia bisa karena hidung tersumbat, masalah pada sinus, tumor di dekat saraf penciuman, cedera otak, atau Covid-19. Untuk anosmia Covid-19, kondisi hidung tidak bisa mencium bau bisa berlangsung dalam hitungan hari sampai berbulan-bulan lamanya.

Bagi Anda yang tengah bergelut dengan anosmia, ada beberapa perawatan mengatasi hidung tidak bisa mencium bau yang bisa dijajal di rumah. Berikut beberapa obat anosmia alami:

  1. Latihan mencium bau

Dilansir dari Healthline, latihan mencium bau adalah salah satu obat anosmia alami yang bisa diandalkan. Latihan ini menggunakan empat jenis benda yang memiliki aroma kuat di rumah. Agar lebih praktis, Anda juga bisa memanfaatkan minyak asiri atau minyak esensial. Cara mengobati anosmia dengan latihan bau cukup praktis. Cukup konsentrasi dan hirup atau baui empat macam aroma berbeda, masing-masing selama 20 detik. Lakukan latihan mencium bau tiga kali sehari. Dalam enam minggu, biasanya anosmia bisa sembuh. Latihan penciuman lebih efektif dilakukan dengan aroma atau bau yang sama setiap hari. Gunakan bahan alami yang ada di rumah seperti bubuk kopi, kembang mawar, kayu putih, atau cengkeh.

  1. Jahe

Kandungan gingerol dapat menguarkan aroma kuat dari jahe. Bahan alami ini juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi hidung tidak bisa mencium bau. Anda bisa menggunakan jahe untuk latihan bau, bersama tiga jenis aroma berbeda lainnya. Selain itu, minum seduhan jahe untuk membantu meredakan peradangan, sekaligus mengatasi hidung tersumbat yang terkadang bisa menyebabkan anosmia. Cara menyiapkan seduhan jahe cukup mudah. Kupas jahe secukupnya, sedikit geprek, lalu seduh dengan air panas selama 15 menit.

  1. Lemon Jeruk

Lemon mengandung vitamin C, antioksidan, dan zat antimikroba yang bisa digunakan sebagai obat anosmia alami. Seperti jahe dan daun mint, Anda bisa menggunakan lemon untuk latihan bau, bersama tiga jenis aroma berbeda lainnya. Selain itu, minum segelas air hangat yang diberi sedikit perasan lemon dan satu sendok teh madu. Minum seduhan lemon ini dua kali sehari untuk meredakan tenggorokan dan membantu mengobati anosmia. Baca juga: Cara Mengobati Anosmia dengan Latihan Mencium Bau.

  1. Bawang putih

Bawang putih mengandung asam risinoleat. Zat ini bersifat antiperadangan dan antibakteri yang potensial digunakan sebagai obat anosmia alami. Cara mengobati anosmia dengan bawang putih cukup mudah. Geprek atau tumbuh empat sampai lima siung bawang putih, tambahkan secangkir air mendidih, lalu rebus selama dua menit. Minum ramuan tersebut ketika masih hangat dua kali sehari untuk membantu mengatasi hidung tidak bisa mencium bau. Sebelum menjajal obat anosmia alami tersebut, terutama yang diminum, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter yang menangani. Jika sudah beberapa saat dijajal dan anosmia tak kunjung sembuh, minta dokter meresepkan obat untuk mengatasi masalah kesehatan ini.

  1. Daun mint

Kandungan mentol dalam daun mint mengandung zat antimikroba dan antiperadangan. Keduanya bisa membantu mengatasi hidung tersumbat penyebab hidung tidak bisa mencium bau. Seperti jahe, Anda bisa menggunakan daun mint untuk latihan bau, bersama tiga jenis aroma berbeda lainnya. Selain itu, minum seduhan daun mint untuk melegakan saluran pernapasan. Cara mengobati anosmia dengan seduhan daun mint yakni dengan merebus 10-15 lembar daun mint dalam secangkir air. Saring seduhan daun mint tersebut, lalu tambahkan sesendok madu untuk membantu melegakan pernapasan dan mengatasi hidung tidak bisa mencium bau.

  1. Minyak jarak

Minyak jarak juga sering digunakan sebagai obat anosmia alami untuk mengatasi hidung tidak bisa mencium bau. Kandungan asam risinoleat dalam minyak jarak dapat membantu melawan infeksi, mengurangi pembengkakan, dan peradangan di saluran hidung. Biasanya, minyak jarak digunakan untuk mengatasi anosmia karena pilek atau alergi. Cara mengobati anosmia dengan minyak jarak bisa dimulai dengan menghangatkan minyak jarak, jangan sampai panas atau mendidih. Lalu teteskan sedikit minyak jarak di setiap tepi lubang hidung sekali kali sehari, saat bangun tidur dan sebelum tidur.