Foto: ilustrasi

TANGERANG – Beredar video singkat memperlihatkan puluhan penumpang pesawat yang disebut sebagai warga negara asing (WNA) tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, viral di media sosial pada Minggu (4/7/2021).

Video yang diduga direkam oleh seorang wanita itu berdurasi sekitar 32 detik itu menyebut bahwa puluhan penumpang itu merupakan WNA yang tiba di bandara.

Di dalam video itu tercantum tanggal kedatangan mereka, yakni pada 3 Juli 2021, pada hari pertama diterapkannya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat se-Jawa Bali.

“Tuh, warga negara asing. Iya. Parah banget ya. Lagi corona gini, lagi ketat-ketatnya corona, pada dateng semua ke jakarta. Liat tuh, banyak banget. Lagi sepi, keluar dia orang,” ucap perempuan dalam video singkat yang diterima Indonesia Parlemen, Minggu (5/7/2021).

 

Tercantum tulisan dalam video itu, “Jakarta PPKM, warga asing masuk Soeta (Bandara Soekarno-Hatta)”.

Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta angkat bicara dan menyebut bahwa kejadian itu tidak terjadi pada 3 Juli 2021.

Kepala Bidang Tikim Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Sam Fernando berujar, berdasar penyelidikan mereka, video itu sebenarnya terjadi pada Juni 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

“Setelah dilakukan penyelidikan oleh Bidang Inteldakim Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta, didapati fakta bahwa video tersebut terjadi pada Juni 2020,” ungkap Sam saat dikonfirmasi, Minggu.

Dia menyatakan, lokasi video itu memang diambil di Bandara Soekarno-Hatta, tepatnya di Terminal 2 area keadatangan domestik.

Sam mengatakan, sejak 1 April 2021, PT Angkasa Pura II telah mengalihkan penerbangan internasional dari Terminal 2 ke Terminal 3 di Bandara Soekarno-Hatta.

Pengalihan penerbangan itu guna menekan penyebaran virus Covid-19 melalui pergerakan penumpang.

Sam melanjutkan, berdasar pemeriksaan, rombongan penumpang di video tersebut merupakan WNA asal China yang hendak keluar dari Indonesia pada Juni 2020.

“WNA di dalam konten video merupakan WNA Cina yang hendak keluar dari wilayah Indonesia dengan menggunakan pesawat carter keberangkatan Manado-Jakarta- Nanning (China) pada Juni 2020,” urai Sam.

Sehingga, kata dia, video yang terlanjur beredar di sosial media itu mengandung informasi hoaks atau tidak benar.

“Penyebaran informasi terkait kedatangan WNA China dalam jumlah besar pada bulan Juni 2021 adalah tidak benar atau hoax,” ujar Sam.

Dia menegaskan, penyebaran video mengandung informasi hoaks dapat mengganggu kondisi sosial masyarakat.

Dia melanjutkan, di Jawa-Bali saat ini tengah menerapkan PPKM darurat mulai 3-20 Juli 2021.

“Guna mencegah kesalahpahaman informasi di masyarakat, diperlukan penyebarluasan fakta sebenarnya terkait video tersebut,” pungkasnya.