JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan 16 mobil vaksin keliling (mobile) untuk menjangkau dan memperluas program vaksinasi Covid-19 di Jakarta.

Dijelaskan Anies, 16 mobil vaksin keliling itu akan mendatangi sejumlah tempat padat penduduk yang persentase vaksinasinya rendah.

“Sehingga mereka yang punya kendala mobilitas diharapkan nanti bisa mendapatkan vaksinasi dengan cepat,” terang Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (8/7/2021).

Anies menambahkan, kegiatan vaksinasi keliling ini merupakan hasil kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan Jakarta Experience Board (Jaktour) serta bersama pemangku kepentingan (stakeholder), yakni Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya, serta asosiasi pengusaha seperti Kadin, Apindo, Aprindo, Hipindo, dan PT Magenta Mediatama.

Sebanyak 16 ambulans yang akan berkeliling ke seluruh Jakarta ini berasal dari DKI Jakarta terdapat lima kendaraan, Kodam Jaya (tiga kendaraan), Polda Metro Jaya (tiga kendaraan), Magenta (tiga kendaraan) dan Dirjen Pendidikan Tinggi (dua kendaraan).

“Ini perlu diapresiasi seluruh kolaborator di asosiasi maupun dunia usaha, jajaran Kodam Jaya, jajaran Polda Metro Jaya, dan Dirjen Pendidikan Tinggi yang telah bersama-sama bekerja untuk suksesnya program vaksinasi di Jakarta,” terang Anies.

Untuk satu kendaraan berisi lima personel terdiri dari berbagai instansi yang diharapkan akan dengan mudah bergerak dari satu tempat ke tempat lain untuk memastikan vaksinasi berlangsung.

Dengan hadirnya mobil vaksin keliling ini, Anies optimistis target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo untuk Jakarta akan tercapai. Terlebih, hingga 7 Juli 2021, data Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyebutkan, lima juta orang sudah divaksin dosis satu di Jakarta.