Beredar Foto Setya Novanto Bawa HP Didalam Lapas, ICW: Bobroknya Penjara Koruptor

  • Bagikan

JAKARTA – Beredar foto mantan Ketua DPR Setya Novanto membawa dua ponsel di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin. Di foto itu, Setya sedang duduk memakai kemeja berwarna tosca dengan dua ponsel yang tergeletak di atas meja di depannya. Dalam foto itu juga terlihat mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada.

Dalam foto tersebut, terlihat pula Mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada. Di dekat Setnov, terlihat adanya dua buah ponsel warna hitam yang diletakkan di atas meja. Menanggapi beredarnya foto tersebut, Kepala Lapas Sukamiskin Elly Yuzar menyebut bahwa foto itu diambil ketika momen Idul Adha tahun lalu di Lapas Sukamiskin.

Baca Juga :  Polri Tak Mau Dilibatkan, Laporan ICW Soal Firli Akan Dikembalikan ke Dewas KPK

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti mengatakan foto-foto narapidana yang sedang membakar daging tersebut diambil pada momen perayaan Idul Adha 2020.

“Itu foto tahun lalu pas Idul Adha. Jadi bukan yang Sekarang. Itu foto lama pas hari raya qurban,” kata Rika kepada wartawan, Sabtu, 17 Juli 2021.

Sedangkan Rika mengatakan akan menelusuri foto Novanto membawa ponsel. Dia mengatakan narapidana dilarang membawa ponsel ke dalam penjara. Dia mengatakan butuh mendetailkan kapan dan bagaimana Setya membawa ponsel. Dia bilang saat ini keadaan sudah banyak berubah.

Baca Juga :  ICW Sebut Ada Upaya Pimpinan KPK Menghambat Penanganan Kasus Besar

Indonesia Corruption Watch menganggap foto itu menunjukkan kebobrokan pengelolaan penjara khusus koruptor di bawah Kementerian Hukum dan HAM atau Kemenkumham. ICW meminta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memindahkan Setya Novanto ke Lapas Nusakambangan. “Praktek pelanggan ini bukan kali pertama terjadi,” kata ICW.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *