JAKARTA – Lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) belum bisa dikendalikan, Untuk itu pemerintah Kabupaten Cilacap mengajak masyarakat untuk terus berikhtiar menahan laju penyebaran virus Corona di Kabupaten Cilacap salah satunya dengan melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Selain berikhtiar melalui vaksinasi Covid-19, Satgas Covid-19 Kabupaten Cilacap juga mendorong ketaatan protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat Cilacap.

Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Forkopimda Kabupaten Cilacap melaksanakan peninjauan kegiatan vaksin dosis 2 dalam rangka Gerai Vaksin Presisi dan percepatan Vaksinasi Kabupaten Cilacap, Kamis (22/7/2021).

Diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupaya melakukan percepatan vaksinasi Salah satunya dengan menyiapkan desain rencana percepatan agar naik 300 persen dan Saat ini capaian vaksinasi baru seperlima dari target. Oleh karena itu, Pemprov Jateng mengajukan tambahan 2,4 juta dosis vaksin per minggu kepada pemerintah pusat.

“Akhir tahun kita targetkan pencapaian herd immunity 70 persen Kalau kita bisa dapat Dua ( 2) juta dosis vaksin per minggu, insya Allah bisa tercapai.” kata Ganjar di sela tinjauan.

Dikesempatan yang sama Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi pun menyampaikan Vaksinasi diharapkan akan memperkuat upaya pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi nasional sehingga kekebalan komunal bisa segera tercapai.

“Hari ini rencana akan dilaksanakan vaksinasi dosis ke dua dengan sasaran 1.730 orang yang terdiri dari delapan kelompok masyarakat yang sudah menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama meliputi anggota Polri, Pegawai PLN, Pegawai Bank Jateng, Karyawan PT. DUS, Karyawan Swalayan Rita Pasar Raya, Pegawai BCA, karyawan Alfamart, Pegawai BKK BPR.” ucap Leganek.

Pelaksanaan vaksin terdiri dari 11 Tim vaksinator gabungan antara lain Polri, TNI, dan Rumah Sakit serta Dalam kegiatan ini juga di serahkan Bantuan Tabung gas 02 kepada Satgas Covid 19 Kab. Cilacap dari Pertamina RU IV Cilacap.

Terkait vaksinasi, sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Dr. Pramesti Griana Dewi menjelaskan “Dari target semula 1,1 juta jiwa Kabupaten Cilacap mendapatkan tambahan kuota sehingga target total kini menjadi 1,5 juta jiwa,” imbuhnya

Untuk mendorong percepatan serta memberikan kemudahan akses layanan vaksinasi bagi masyarakat umum, Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap tengah mengembangkan aplikasi pendaftaran online.

“Di Kabupaten Cilacap sendiri baru sekitar 230 ribu atau sekitar 10 persen masyarakat yang telah mendapatkan vaksin Covid-19,” pungkasnya.

Reporer: Heri