JAKARTA – Sudah sejak lama, kopi menjadi salah satu minuman favorit orang Indonesia. Terlebih lagi sekarang kopi berubah menjadi minuman yang “keren”. Tak heran karena coffee shopspecialty coffee, dan bahkan kopi susu kemasan memiliki andil dalam mengemas minuman tersebut agar disukai.

Sudah banyak penelitian yang mengamati berbagai manfaat minum kopi bagi kesehatan. Kopi mengandung banyak zat yang mampu melindungi tubuh dari berbagai kondisi, termasuk penyakit jantung dan Alzheimer.

Lantas, apa saja manfaat minum kopi untuk kesehatan? Berikut daftar manfaat yang bisa Anda dapat ketika minum kopi secara rutin.

  1. Hidup Lebih Lama

Beberapa studi menemukan, orang yang minum kopi secara rutin berisiko lebih rendah untuk mengalami kematian akibat beberapa penyakit yang sering ditemukan pada wanita.

  1. Terhindar dari Diabetes

Menurut sebuah teori, orang yang rutin minum kopi memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap diabetes mellitus tipe 2.

  1. Menurunkan Risiko Gagal Jantung

Mengonsumsi satu sampai dua gelas kopi per hari dapat mencegah terjadinya gagal jantung. Gagal jantung adalah kondisi jantung melemah dan tidak mampu memompa cukup darah untuk didistribusikan ke seluruh tubuh.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson

Kafein di dalam kopi dapat menurunkan risiko seseorang untuk mengidap penyakit Parkinson. Tak hanya itu, kafein di dalam kopi juga membantu orang dengan penyakit Parkinson mampu mengontrol gerak tubuhnya menjadi lebih baik.

  1. Menyehatkan Organ Hati

Kopi biasa maupun kopi decaf (yang sudah dibuang kandungan kafeinnya) memiliki efek protektif yang bisa melindungi organ hati. Orang yang minum kopi rutin ditemukan memiliki kadar enzim hati dalam batas normal dibandingkan dengan orang yang jarang minum kopi.

  1. Memiliki DNA yang Lebih Kuat

Kopi dark roast terbukti dapat mengurangi patahnya rantai DNA. Rantai DNA yang rusak ini pada dasarnya terjadi secara alami.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, rantai DNA yang patah atau rusak ini mampu memicu pembentukan kanker atau tumor apabila tidak diperbaiki oleh sel tubuh Anda.

  1. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Satu dari dua puluh tiga wanita berisiko mengidap kanker usus besar. Namun menurut penelitian, minum kopi secara rutin, baik kopi biasa maupun decaf, dapat menurunkan risiko tersebut.

  1. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Alzheimer

Manfaat kesehatan minum kopi lainnya adalah menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

  1. Memicu Rasa Bahagia

Beberapa penelitian mengatakan mengonsumsi kopi berhubungan dengan hadirnya emosi positif, termasuk kepuasan, keramahan, kasih sayang, rasa tenang, dan kebahagiaan. Ditemukan pula bahwa tidak ada emosi negatif yang berhubungan dengan konsumsi kopi.

Bahkan, menurut studi dari Harvard, Amerika Serikat, yang melibatkan 50.000 perempuan, mengonsumsi kopi bisa mengurangi risiko depresi, lho.